Menu

Mode Gelap
 “Memperingati 60 tahun terbitnya  Gravissimum Educationis”.    Pimpin Apel Pagi, Kalapas Tekankan “Zero Halinar” & Profesionalisme Petugas Terkait Pengalihan Jalan Lingkungan, Warga Sepakat Gelar Diskusi Bersama Memaknai Area Undelimited Waters ZEEI – Selat Malaka Serta Hak Dan Kewajiban Negara Para Pihak Ibadah Raya Minggu Pertama Bulan November Jemaat Maranatha Sitanala – Lapas Jember Pastikan Kesiapan Peralatan Keamanan dengan Harwat Senpi

Jakarta

“Pelatihan Deep Learning Untuk Guru SD SDN Bungur Senen Jakarta Pusat

badge-check


					“Pelatihan Deep Learning Untuk Guru SD SDN Bungur Senen Jakarta Pusat Perbesar

DR (C) Iramdan (Berdiri pegang mig) sedang memberikan pelatihan dihadapn audiens.
Oleh :  DR (C) Iramdan Dosen Unindra &  Wakil Sekjen bidang Pendidikan  Lemhanas RI. ,dipublikasikan oleh  Drs.M.Siringoringo, M.Pd Kabiro Liputan Nusantar DKI Jakarta.

Jakarta, Juli, Liputan Nusantara (LN) ,Deep Learning adalah metode kecerdasan  buatan,Artifisial Inteligens  (AI) yang mengajarkan computer untuk memproses data dengan cara yang terinspirasi oleh otak manusia, Tanggal 11,12 Juli 2025″.

Menteri Pendidikan Dasar dan Menengah (Mendikdasmen) Abdul Mu’ti memperkenalkan pendekatan pembelajaran baru yang disebut Deep Learning. Ia menegaskan bahwa Deep Learning bukan sekadar tren teknologi, melainkan pendekatan pendidikan yang bisa membawa transformasi signifikan dalam dunia pembelajaran, terutama dalam hal membentuk pengalaman belajar yang lebih bermakna dan berkesan bagi siswa.

Namun, perlu digarisbawahi kata Abdul  Mu’tibahwa istilah Deep Learning dalam konteks pendidikan yang digunakan Mendikdasmen berbeda dari istilah serupa dalam dunia teknologi kecerdasan buatan. (Artifisial Inteligen  (Detikjatim )

Sebagaimana penulis jelaskan pada Liputan Nusantara edisi   Marert 25, dibawah judul  “Pandangan Gereja Katolik tentang Artificial Intelligence (AI).

Iramdan beserta Dewan guru foto bersama.

Menurut H.A.Simon menyebutkan AI merupakan semua tempat penelitian, instruksi, dan aplikasi yang berkaitan dengan pemrograman komputer. Tujuannya untuk melakukan suatu hal yang dianggap cerdas oleh manusia. Menurut Kristianto mendefinisikan sebagai salah satu bagian dari ilmu pengetahuan komputer yang dibuat secara khusus untuk perancangan otomatisasi tingkah laku cerdas dalam suatu sistem kecerdasan di perangkat komputer.sementara pendapat Rich & Knight Mereka berpendapat kecerdasan buatan merupakan sebuah studi tentang cara komputer dapat melakukan hal-hal yang dapat dilakukan lebih baik oleh manusia. (dikutip dari tiro.id)Seorang sahabat lama DR (C) Iramdan M.Pd, menjadi p-embicara pada   PELATIHAN DEEP LEARNING UNTUK GURU SDN 01,03  BUNGUR SENEN JAKARTA PUSAT,Tanggal 11,12 Juli 2025yang baru lalu.

Nunga terkirim be katua, panaek ma ate ? mlt

Menurut Ramdan (panggilan akrabnya) ada beberapa tujuan pelatihan :

  • Memperkenalkan konsep deep learning dalam konteks pendidikan dasar
  • Meningkatkan kapasitas guru dalam merancang pembelajaran yang mindful (kesadaran), meaningful ( bermakna) , dan joyful (Menyenakan )
  • Mendorong penerapan Kurikulum Merdeka secara lebih kontekstual dan transformative

DR (C) Irramdan dosen tetap UNIVERSITAS INDRAPRASTA PGRI JAKARTA & Wakil Sekjen bidang Pendidikan  Lemhanas RI.    aktif dan dipercaya selalu diminta  Kementerian Lembaga  Negara dan BUMN untuk menjadi nara sumber menunjukkan reputasi akademik dan profesional yang sangat kuat.

Menteri Pendidikan Dasar dan Menengah (Mendikdasmen) Abdul Mu’ti memperkenalkan pendekatan pembelajaran baru yang disebut Deep Learning. Ia menegaskan bahwa Deep Learning bukan sekadar tren teknologi, melainkan pendekatan pendidikan yang bisa membawa transformasi signifikan dalam dunia pembelajaran, terutama dalam hal membentuk pengalaman belajar yang lebih bermakna dan berkesan bagi siswa.(dilansir dari Detikjatim)

Mendikdasmen menambahkan keberhasilan pendekatan Deep Learning dalam sistem pendidikan sangat bergantung pada tiga elemen kunci: Meaningful Learning, Mindful Learning, dan Joyful Learning. Ketiga pilar ini saling melengkapi dalam menciptakan pembelajaran yang mendalam dan menyenangkan.

Dalam pelatihan tersebut DR (C) Iramdan menyampaikan Materi yang

Berdampak

  • Deep learning dan pembelajaran berbasis nilai
  • Penguatan growth mindset dan refleksi kritis
  • Integrasi nilai Pancasila, NKRI, dan Bhinneka Tunggal Ika dalam pembelajaran.

Dampak Sosial dan Akademik

  • Mendorong guru menjadi agen perubahan di sekolah masing-masing
  • Menumbuhkan generasi muda yang berpikir kritis, berkarakter, dan cinta tanah air
  • Menyebarluaskan praktik baik pendidikan yang relevan dan transformative

Ketiga pendekatan ini jika dipadukan, diharapkan tidak hanya menciptakan proses belajar yang menyenangkan, tetapi juga menumbuhkan motivasi intrinsik agar siswa menjadi pembelajar seumur hidup.ujar mendiknasmen.(Ring-o)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Lainnya

 “Memperingati 60 tahun terbitnya  Gravissimum Educationis”.   

3 November 2025 - 22:14 WIB

Hari Guru Sedunia

2 Oktober 2025 - 04:16 WIB

” MOON CAKE, (KUE BULAN ), ASAL USULNYA” ?

30 September 2025 - 12:02 WIB

 ” Lomba MTQ ke XXVII se Kota Bekasi, Selasa 23 September 2025 di  Halaman Mesjid  Al  Jauhari Yasfi  Jl.Raya Kampung Sawah Bekasi”

24 September 2025 - 03:40 WIB

 “Apa Arti dan makna Relikwi dan bagaimana sejarahnya” ?

22 September 2025 - 23:50 WIB

Trending di Jakarta