Para Nara sumber(dari kiri ke kanan ): Dr.cand,Iramdan,M.Pd,Dr,cand.Deden,S.Si ,M.Pd, Dr.cand.Rudeva dan Dr. cand Ramadhona.
Jakarta, Februasi , Liputan Nusantara (LN),Seorang sahabat lama dosen Unindra seangkatan di Pasca Sarjana yang saat ini dia mau mengakhiri tingkat Doktoralnya (S.3) di Universitas Pakuan Bogor menjadi nara sumber dalam acara Workshop untuk Guru –guru SDN 01 Kenari Jakarta,Pusat yang bertema “Pengembangan diri terkait Numerasi melalui Modul dan sumber lainnya”
Numerasi adalah kemampuan memahami dan menggunakan berbagai macam angka dan simbol-simbol yang terkait dengan matematika dasar dan menganalisis informasi yang ditampilan dalam berbagai bentuk (grafik, tabel, bagan, dan lain sebagainya) untuk memecahkan masalah praktis dalam berbagai macam konteks kehidupan sehari-hari.
Peserta Workshop terkai numerasi, foto bersama dengan narsum
Pengembangan diri bagi seorang diri menurut Cand.Doktor Iramdan M.Pd,yang juga menjadi wakil sekjen bidang pendidikan di Lemhannas RI ini, memiliki dampak yang mendalam pada pendidikan dan generasi mendatang dari peningkatan Kompetensi Pedagogis hingga menciptakan pembelajaran yang insviratif. Ujar Iramdan yang kuga menjadi pengajar di TOT Lemhannas RI, ini.
Definisi Pengembangan diri ialah : Kegiatan yang dilakukan guru untuk meningkatkan propesionalisme diri agar memiliki kompetensi profesi sesuai dengan peraturan perundang- undangan yaitu profesi guru agar mampu melaksanakan tugas pokok dan kewajiban dalam melaksanakan proses pembelajaran termasuk pelaksanaan tugas tambahan yang relevan dengan fungsi sekolah .
Iramdan sedang menyampaikan materinya tentang Pengembangan Diri Terkait numerasi Melalui Sumber Etika Profesi Untuk Guru
Selanjutnya Menurut Dr.Cand,Iramdan, hubungan Numerasi dengan Pendidikan sangat erat, karena
Lanjutnya, Kompetensi minimum yang perlu untuk bisa belajar sepanjang hayat dan berkontribusi dalam masyarakat. Selain itu Numerasi juga penting untuk mengembangkan ketrampilan pemecahan masalah yang dibutuhkan dalam kehidupan sehari-hari. Peran serta etika profesi sambung nya lagi,
Kode etik guru menjadi pedoman untuk menjalankan tugas dan tanggung jawab secara professional.
Kode etik guru ini juga dapat menjadi Sarana control social bagi masyarakat terhadap
Iramdan menjadi narsum dalam workshop bertema Implementasi Kurikulum Merdeka untuk guru –guru SD se Jakarta Pusat didampingi narsum lainnya beberapa waktu yang lalu
Elemen pengembangan guru lanjut Ramdan panggilan Dr. cand , Iramdan M.Pd,kompetensi mengikuti pelatihan dan seminar yang bekaitan dengan metode pengajaran terbaru,teknologi pendidikan dan managemen kelas.. Sedangkan Komptensi social kepribadian membangun hubugan positif dengan siswa dan menerapkan pendekatan yang berbasis etika.
Demikian juga Kompetensi Pedagogik,kemampuan menyapaikan materi numerasi dengan metode yang mdah dipahami.Selain itu kata Ramdan, Pengembangan kopetensi teknologi yang menurutnya,menguasai alat dan platform teknologi yang dapat digunakann untuk memperkaya proses pembelajaran.
Demikian juga membentuk Karakter siswa ujar Ramdan ,Guru yang memiliki Karakter yang baik akan akan menjadi teladan bagi siswa.tegasnya.
Dr.cand.Iramdan,M.Pd, selain dosen di Unindra, juga menjadi pengajar,sekaligus, sebagai Wakil Sekjen bidang Pendidikan di Lemhannas RI.
Selain itu lanjut Ramdan , membangun hubungan baik. Guru yang etika yang baik akan membangun hubugan yang baik dengan siswa dan orangtua.
Tantangan Numerasi di Indonesia.
- Kesuitan menghubungkan matematematik dengan hubungan nyata.
- Kesulitan menghadapai siswa yang mempunyai kemampuan siswa yang beragam
- Sumber belajar terbatas
- Kurangnya pembiasaan untuk menyelesaikan masalah soal literasi numerasi
- Kurangnya jam tambahan untuk pembelajaran numerasI■
- Minat belajar siswa yang rendahkshop Guru-guru SD.N
- Kemampuan pemahaman siswa yang berbeda
UPAYA PENINGKATAN SDM GURU PAUD,SD,SMP,SMA
Selanjutnya dalam paparannya, Iramdan pada workshop Guru-guru SD.N0 1 KenariI Jakpus dan Pendampingan :
Guru dapat mengikuti pelatihan, seminar, atau kursus yang diselenggarakan oleh lembaga pendidikan atau pemerintah. Selain itu, guru juga dapat mendapatkan pendampingan dari guru yang lebih berpengalaman untuk meningkatkan praktik mengajarterangnya.
Komunitas Belajar :
Guru dapat bergabung dengan komunitas belajar untuk berdiskusi, berbagi praktik baik, dan mencari solusi bersama terkait pembelajaran
Studi Banding : Guru dapat mengikuti kegiatan studi banding untuk meningkatkan kualitas SOM
Lebih lanjut, Ramdan mengatakan Program Sekolah Penggerak (PSP),dapat memberikan pembinaan dan pendampingan kepada satuan PAUD, SD, SMP, SMA, dan SLB diseluruh Indonesia.
PRINSIP UTAMA ETIKA PROFESI GURU :
- Kejujuran : Guru harus menyampaikan informasi akurat tentang kemajuan siswa dan menjaga kerahasiaan data pribadi mereka
- Keadilan : Perlakuan adil terhadap semua siswa tanpa diskriminasi, memastikan
setiap individu mendapatkan kesempatan yang sama untuk belajar
- Tanggung Jawab Profesional : Guru bertanggung jawab untuk terus mengembangkan kompetensi melalui pelatihan dan pembelajaran berkelanjutan
- Penghormatan terhadap Hak Siswa : Menghormati hak-hak siswa, termasuk privasi
dan kebebasan berpendapat, serta tidak menyalahgunakan posisi mereka
- Kolaborasi : Membangun kerjasama dengan orang tua dan komunitas
IMPLEMENTASI ETIKA PROFESI GURU DALAM NUMERASI kata Ramdan adalah
- Pembelajaran berbasis nilai : lmplementasi etika profesi guru dalam pembelajaran berbasis nilai melibatkan penerapan prinsip-prinsip etika seperti kejujuran, keadilan, dan tanggung jawab dalam proses belajar mengajar. Guru harus menciptakan lingkungan yang mendukung pengembangan karakter siswa sesuai dengan nilai-nilai yang diajarkan
- Refleksi dalam pengajaran : lmplementasi etika profesi guru dalam pengajaran reflektif melibatkan praktik-praktik yang mendorong guru untuk melakukan evaluasi diri dan meningkatkan kualitas pembelajaran
- Kolaborasi antar guru : lmplementasi etika profesi guru dalam kolaborasi antar guru sangat penting untuk menciptakan lingkungan kerja yang profesional dan harmonis
Dapat disimpulkan bahwa Pengembangan diri guru yang selaras dengan etika profesi berperan penting dalam meningkatkan kemampuan numerasi mengakhiri paparannya dalam Worshop guru-guru SDN 01 Kenaridan guru –guru seputar Jakpus dan Kepala Sekolah.(Ring-o)
[13.41, 15/1/2025] Ringo Terbaru: DOKUMEN REMUNERASI