Home / Metro

Rabu, 15 Januari 2025 - 14:25 WIB

Workshop Pengembangan Diri Terkait numerasi Melalui  Sumber Etika Profesi Untuk Guru

Para Nara sumber(dari kiri ke kanan ): Dr.cand,Iramdan,M.Pd,Dr,cand.Deden,S.Si ,M.Pd, Dr.cand.Rudeva dan Dr. cand Ramadhona.

Jakarta, Februasi , Liputan Nusantara (LN),Seorang sahabat lama dosen Unindra seangkatan di Pasca Sarjana yang saat ini dia mau mengakhiri tingkat Doktoralnya (S.3)  di Universitas Pakuan Bogor menjadi nara sumber  dalam acara Workshop untuk Guru –guru SDN 01 Kenari Jakarta,Pusat yang bertema “Pengembangan diri  terkait  Numerasi melalui Modul   dan sumber lainnya”

Numerasi adalah kemampuan memahami dan menggunakan berbagai macam angka dan simbol-simbol yang terkait dengan matematika dasar dan menganalisis informasi yang ditampilan dalam berbagai bentuk (grafik, tabel, bagan, dan lain sebagainya) untuk memecahkan masalah praktis dalam berbagai macam konteks kehidupan sehari-hari.

Peserta Workshop terkai numerasi, foto bersama dengan narsum

Pengembangan diri bagi seorang diri menurut Cand.Doktor Iramdan M.Pd,yang juga menjadi wakil sekjen bidang pendidikan di Lemhannas RI ini,  memiliki dampak yang mendalam pada pendidikan dan generasi mendatang  dari peningkatan Kompetensi Pedagogis hingga menciptakan pembelajaran yang insviratif. Ujar Iramdan yang kuga menjadi  pengajar di TOT Lemhannas RI, ini.

Definisi Pengembangan diri ialah : Kegiatan yang dilakukan guru  untuk meningkatkan propesionalisme diri agar memiliki kompetensi profesi sesuai dengan peraturan  perundang- undangan yaitu profesi guru agar mampu melaksanakan tugas pokok dan kewajiban dalam melaksanakan  proses pembelajaran  termasuk pelaksanaan tugas  tambahan yang relevan dengan fungsi sekolah .

 

Iramdan sedang menyampaikan materinya tentang Pengembangan Diri Terkait numerasi Melalui Sumber Etika Profesi Untuk Guru

Selanjutnya Menurut Dr.Cand,Iramdan, hubungan Numerasi dengan Pendidikan  sangat erat, karena

Lanjutnya, Kompetensi minimum yang perlu untuk bisa belajar sepanjang hayat dan berkontribusi  dalam masyarakat. Selain itu Numerasi juga penting untuk mengembangkan ketrampilan pemecahan masalah yang dibutuhkan dalam kehidupan sehari-hari. Peran serta etika profesi sambung nya lagi,

Baca Juga  Sampah dan Kesejahteraan, kaitannya" ?

Kode etik guru menjadi pedoman untuk menjalankan tugas dan tanggung jawab secara professional.

Kode etik guru ini juga dapat menjadi Sarana control social bagi masyarakat  terhadap

Iramdan menjadi narsum dalam workshop bertema Implementasi Kurikulum Merdeka untuk guru –guru SD se Jakarta Pusat didampingi narsum lainnya beberapa waktu yang lalu

Elemen  pengembangan guru lanjut Ramdan panggilan Dr. cand ,  Iramdan M.Pd,kompetensi mengikuti  pelatihan dan seminar yang bekaitan dengan metode pengajaran terbaru,teknologi pendidikan dan managemen kelas.. Sedangkan Komptensi  social kepribadian  membangun hubugan positif dengan siswa dan menerapkan pendekatan yang berbasis etika.

Demikian juga Kompetensi Pedagogik,kemampuan menyapaikan materi numerasi dengan metode yang mdah dipahami.Selain itu kata Ramdan, Pengembangan kopetensi teknologi yang menurutnya,menguasai alat dan platform teknologi yang dapat digunakann untuk memperkaya proses pembelajaran.

Demikian juga membentuk Karakter siswa ujar Ramdan ,Guru yang memiliki Karakter yang baik akan akan menjadi teladan bagi siswa.tegasnya.

Dr.cand.Iramdan,M.Pd, selain dosen di Unindra, juga menjadi pengajar,sekaligus, sebagai Wakil Sekjen bidang Pendidikan di Lemhannas RI.

Selain itu lanjut Ramdan , membangun hubungan baik. Guru yang etika yang baik akan membangun hubugan yang baik dengan siswa dan orangtua.

Tantangan Numerasi di Indonesia.

  1. Kesuitan menghubungkan matematematik dengan hubungan  nyata.
  2. Kesulitan menghadapai siswa yang mempunyai kemampuan siswa yang beragam
  3. Sumber belajar terbatas
  4. Kurangnya pembiasaan untuk menyelesaikan masalah soal literasi numerasi
  5. Kurangnya jam tambahan untuk pembelajaran numerasI■
  6. Minat belajar siswa yang rendahkshop Guru-guru SD.N
  7. Kemampuan pemahaman siswa yang berbeda

UPAYA PENINGKATAN SDM GURU PAUD,SD,SMP,SMA

Selanjutnya dalam paparannya,  Iramdan pada workshop   Guru-guru SD.N0 1 KenariI Jakpus dan Pendampingan  :

Guru dapat mengikuti pelatihan, seminar, atau kursus yang diselenggarakan oleh lembaga pendidikan atau pemerintah. Selain itu, guru juga dapat mendapatkan pendampingan dari guru yang lebih berpengalaman untuk meningkatkan praktik mengajarterangnya.

Baca Juga  Kebahagiaan  Berasal dari Pencapaian atau dari Akumulaasi Hal-hal Ekternal

Komunitas  Belajar :

Guru dapat bergabung dengan   komunitas belajar untuk berdiskusi, berbagi praktik baik, dan mencari solusi bersama terkait pembelajaran

Studi  Banding : Guru dapat mengikuti kegiatan studi banding untuk meningkatkan kualitas SOM

Lebih lanjut, Ramdan mengatakan Program Sekolah  Penggerak  (PSP),dapat memberikan pembinaan dan pendampingan kepada satuan PAUD, SD, SMP, SMA, dan SLB diseluruh Indonesia.

PRINSIP UTAMA ETIKA PROFESI GURU :

  1. Kejujuran : Guru harus menyampaikan informasi akurat tentang kemajuan siswa dan menjaga kerahasiaan data pribadi mereka
  2. Keadilan : Perlakuan adil terhadap semua siswa tanpa diskriminasi, memastikan

setiap individu mendapatkan kesempatan yang sama untuk belajar

  1. Tanggung Jawab Profesional : Guru bertanggung jawab untuk terus mengembangkan kompetensi melalui pelatihan dan pembelajaran berkelanjutan
  2. Penghormatan terhadap Hak Siswa : Menghormati hak-hak siswa, termasuk privasi

dan kebebasan berpendapat, serta tidak menyalahgunakan posisi mereka

  1. Kolaborasi : Membangun kerjasama dengan orang tua dan komunitas

IMPLEMENTASI ETIKA PROFESI GURU DALAM NUMERASI kata Ramdan adalah

  1. Pembelajaran berbasis nilai : lmplementasi etika profesi guru dalam pembelajaran berbasis nilai melibatkan penerapan prinsip-prinsip etika seperti kejujuran, keadilan, dan tanggung jawab dalam proses belajar mengajar. Guru harus menciptakan lingkungan yang mendukung pengembangan karakter siswa sesuai dengan nilai-nilai yang diajarkan
  2. Refleksi dalam pengajaran : lmplementasi etika profesi guru dalam pengajaran reflektif melibatkan praktik-praktik yang mendorong guru untuk melakukan evaluasi diri dan meningkatkan kualitas pembelajaran
  3. Kolaborasi antar guru : lmplementasi etika profesi guru dalam kolaborasi antar guru sangat penting untuk menciptakan lingkungan kerja yang profesional dan harmonis

Dapat disimpulkan bahwa Pengembangan diri guru yang selaras dengan etika profesi berperan penting dalam  meningkatkan  kemampuan numerasi  mengakhiri paparannya dalam Worshop guru-guru SDN 01 Kenaridan guru –guru seputar Jakpus dan Kepala Sekolah.(Ring-o)

[13.41, 15/1/2025] Ringo Terbaru: DOKUMEN REMUNERASI

Share :

Baca Juga

Metro

“Kurikulum Merdeka,Dampak Positif dan Negatifnya

Metro

“Bincang Laudato Si : Praktik Baik Rawat Bumi Rumah kita bersama  Antara Suste Vincentia Koordinator Sektor Pendidikan Laudato Si Indonesia Dengan Beberapa  Siswa SMP dan SMA Fransiskus Xaverius Lampung”

Metro

: Warga Jakarta,akan Dibebaskan Dari  Retribusi,  Jika mendaftar sebagai Nasabah Bank Sampah. 

Metro

Daftar 16 Proyek Negara di 2024  Jadi PR Prabowo-Gibran

Metro

Beberapa Organisasi Katolik yang Aktif Dalam Bidang Lingkungan Hidup

Metro

Menyambut Baik Rencana Implementasi Pemprov DKI Jakarta, Segera Menerapkan Retribusi Pelayanan Kebersihan akan Diberlakukan Per 1 Januari 2025

Metro

Keuskupan Agung Ende (KAE) Menolak Pembangunan Geothermal di Wilayah KAE.

Metro

Para Pendosa Terbesar Dalam Urusan Polusi Plastik

Contact Us