Home / Daerah

Minggu, 21 Januari 2024 - 12:59 WIB

Tangkap Dan Laporkan Ke APH Bila Ada Mattel Yang mengambil Kenderaan Anda di Tengah Jalan

 

Lebak,Liputannusantara.id-
Ketua ormas( organisasi kemasyarakatan(BPPKB DPC kabupaten lebak( Krisna ) atau lebih akrab disapa belong ini, angkat bicara soal maraknya dan bebas berkeliaran mattel( mata elang), yang selalu meresahkan masyrkat( konsumen) yang mana kerap sering terjadi melakukan penarikan paksa kendaraan bermotor di jalanan bagi yang kredit macet bahkan memicu keributan,bagaimana prosedur sebenarnya yang benar?.

Eksekusi penarikan kendaraan yang bermasalah tidak bisa dilakukan sembarangan’karena konsumen baik perusahaan sudah dilindungi oleh undang-undang no 42 tahun 1999 tentang jaminan fidusia.

Krisna menyampaikan terhdap seluruh aparat keamanan maupun penegak hukum dari jajaran satuan lalu lintas( satlantas) maupun Kanit Reskrim polres Lebak maupun dari tingkatan Polsek di seluruh kecamatan yang berada dilingkungan kabupten Lebak- Banten.

Kami berharap agar pihak keamanan segera bertindak tegas terhdap mereka ( Mattel)yang berkeliaran bebas bag nya perampok dijalanan dengan mengunakan profesi deb collector,mata elang,Mattel,Tandas nya.

“Saya prihatin ketika mendengar aduan langsung dari masyrkat yang mana mereka mengalami tarik paksa kendaraan nya yang bermasalah dijalanan,sementara mereka( mata elang) yang melakukan penarikan tidak dilengkapi surat dari perusahaan pembiayaan maupun leasing untuk dilayangkan atau disampikan terhdap konsumen, Ucap belong. mingu( 21/01/24).

Baca Juga  40.000 ORANG MENYAKSIKAN AKSI 22 PEMBALAP AQUABIKE JETSKY, DI WATERFRONT CITY PANGURURAN, SAMOSIR.

Bahkan ada empat aturan deb collector,finance ini apabila ada terjadi tunggakan debitur”. Ujarnya.

“lanjut Krisna,seharusnya sesuai prosedur,pertama pihak leasing harus mengeluarkan surat kuasa terhdap deb Collector yang ditunjuk kedua perusahan harus memiliki sertifikat jaminan fidusia .ketiga, ada surat peringatan ( SP1) SP2,dan ke empat tanda pengenal deb collector dan sertifikat profesi pembiayaan Indonesia ( SPPI),

Ini empat aturan tersebut yang harus ditempuh bekal dari finance kepada yang sudah diberi kuasa, dan jika saja deb collector tidak disertai legalitas yang lengkap dari perusahaan,maka jelas itu sudah melanggar hukum dan dapat dipidanakan Tegas belong.

Senada dengan Muh Syam AS,selaku aktivis dari juga selaku sekertaris Badak Bsnten( sekjen BB korwil enam)aturan sebenarnya proses yang diberikan dari perusahaan pembiayaan maupun leasing dapat bekerja sama dengan pihak ketiga(deb collector atau tenaga jasa penagihan) yang sudah tersertifikasi Asosiasi Perusahaan Pembayaran Indonesian ( APPI) jadi ini jelas tidak dapat melakukan penarikan sembarangan tanpa poin- poin prosedur tadi dilengkapi,kata nya.

“jadi jelas syarat untuk meng ekseskusi sudah didaftarkan fidusianya, dan sudah dibayarkan PNPB nya- kemudian sudah keluar juga sertifikat fidusianya ,jadi selama belum didaftarkan dan sertifikat fidusianya tidak ada pihak leasing maupun deb collector tidak dapat melakukan penarikan paksa begitu saja apalagi dijalanan.

Baca Juga  Satpolairud Polres Pandeglang Bantu Pemakaman Korban Tewas Tersambar Petir

Pemilik kendaraan yang sah wajib melaporkan para matel atau penarik paksa kendaraan dijalanan ,atau pun bagi penagih utang atas perbuatan yang tidak menyenangkan, itu dapat dijerat dengan Undang-undang /UU hukum pidana ( KUHP) pasal 335 ayat 1 dengan pasal berlapis pencurian dan kekerasan pasal 365 Jo pasal 53 KUHP, dan ancaman hukumannya 9 tahun penjara, Terang Syam.

“Iya lanjut kembali belong’. Kalau masih kami lihat ada berkeliaran mattel,deb Collector dijalan dan sampai melakukan perampasan unit,kami seluruh ormas BPPKB dan juga para aktivis , LSM,akan segera bertindak tegas sweeping Mattel,dan akan kami tindak lanjuti ke (APH),Aparat Penegak Hukum,Tandasnya.

Semoga saja dari pengalaman yang sering terjadi ini,dapat diperhatikan oleh seluruh masyarakat dan juga segera ditindak tegas oleh pihak keamanan kepolisian sesuai atensi kami( mewakili masyrkt) dan harapannya tidak lagi ada oknum tarik paksa liar kendaraan dijalan sehingga aman dan kondusif lingkungan kabupten Lebak ini,Tutupnya.

( Red)

Share :

Baca Juga

Daerah

Guna Pengawasan Personel, Biro Logistik Polda Banten Launching Aplikasi E Logistik

Daerah

PRA MUSRENBANG RKPD SUMUT 2025, BUPATI SAMOSIR USULKAN PENANGANAN JALAN PROVINSI.

Daerah

BUPATI SAMOSIR MINTA PEMBENAHAN JALAN MELALUI DANA INPRES KEPADA KEPALA BBPJN.

Daerah

Pesona Alam dan Budaya di Balik Desain Waterfront City Pangururan Samosir

Daerah

PUNGUAN NABABAN PARHOLONG RESMI MENYELENGARAKAN DIKLAT TATA CARA PERNIKAHAN ADAT BATAK TOBA

Daerah

GERAKAN SAMOSIR BEBAS SAMPAH, PEMKAB SAMOSIR LAUNCHING GERAY KEPUL.

Daerah

3 Pejabat Humbang Hasundutan Purna Bakti, Dilepas Dengan Acara Apel Gabungan Di bukit Aspirasi.

Daerah

Kapolda Kepri Gelar Konferensi Pers Pemusnahan Narkotika Jenis Sabu Seberat 46.228,64 KG

Contact Us