Home / Uncategorized

Sabtu, 13 Januari 2024 - 08:59 WIB

Strategi Pembelajaran Numerasi Pada Kurikulum Merdeka

Iramdan,M.Pd, sedang menyampaikan materinya yang bertema, Strategi Pembelajaran Numerasi Pada Kurikulum Merdeka

Jakarta, Januari, Liputan Nusantara (LN),Judul diatas merupakan materi yang disampaikan oleh teman penulis sealumni,di Unindra,  Iramdan M.Pd sebagai nara sumber Pada Diklat Guru Calon Guru Pengerak (CGP) SD,SMP dan Kepala Sekolah serta Pengawas yang diselengarakan  Pendidikan Dasar menegah (Dikdasmen ) kemendikbudristek 8 Januari 2024 bertempat di Hotel Balairung  Jl.Matraman  JAKARTA Timur DKI Jakarta. Peserta diklat, adalah guru-guru SD,SMP,kepala sekolah dan Pengawas se Jakarta -Pusat.

Apa iu Kurikulum Mrdeka ?

Mengutip laman Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbudristek), Kurikulum Merdeka adalah kurikulum dengan pembelajaran intrakurikuler yang beragam. Di mana konten pembelajaran akan lebih optimal agar peserta didik memiliki cukup waktu untuk mendalami konsep dan menguatkan kompetensi.

Nara sumber didampingi moderator

Di sisi lain, guru memiliki keleluasaan untuk memilih berbagai perangkat ajarnya. Sehingga, pembelajaran dapat disesuaikan dengan kebutuhan belajar dan minat peserta didik.

Mulai tahun 2022/2023, satuan pendidikan dapat memilih untuk mengimplementasikan kurikulum berdasarkan kesiapan masing-masing. Mulai dari TK B, Kelas I, Kelas IV, VII, dan X.

Untuk mengukur kesiapan satuan pendidikan ini, pemerintah juga telah menyiapkan angket untuk membantu satuan pendidikan menilai tahap kesiapan dirinya untuk menggunakan Kurikulum Merdeka.

 

Direktorat Sekolah Dasar Sosialisasikan Kurikulum Merdeka kepada Pengawas dan Kepala Sekolah

Tujuan Kurikulum Merdeka Belajar : Kemendikbudristek melakukan penyederhanaan kurikulum dalam kondisi khusus (kurikulum darurat) untuk memitigasi ketertinggalan pembelajaran (learning loss) pada masa pandemi. Hasilnya, dari 31,5 persen sekolah yang menggunakan kurikulum darurat menunjukkan, penggunaan kurikulum darurat dapat mengurangi dampak pandemi sebesar 73 persen (literasi) dan 86 persen (numerasi). Efektivitas kurikulum dalam kondisi khusus semakin menguatkan pentingnya perubahan rancangan dan strategi implementasi kurikulum secara lebih komprehensif.

Baca Juga  EMS Technologi Distributor Resmi Hioki Indonesia

Itu sebabnya Dikdasmen Kemendikbudristek menyelenggarakan diklat bertema :

“Peningkatan mutu pendidikan dan profesional guru dlm penguatan numerasi melalui Implementasi  Kurikulum Mereka” (IKM). Salah seorang nara sumber dalam berbagai event termasuk diklat ini ialah, Iramdan, M.Pd, seorang akademisi dengan menyuguhkan materi “ Strategi Pembelajaran Numerasi Pada Kurikulum Merdeka”

Kemendikbudristek berikan pendampingan Kurikulum Merdeka di Kota Medan

Menurut Ramdan pangilan akrab Iramdan. numerasi adalah kemampuan dan kecakapan dalam menggunakan berbagai macam angka dan simbol-simbol yang terkait dengan matematika dasar untuk memecahkan masalah. Kemampuan  numerasi yang baik, secara tidak langsung akan meningkatkan kecerdasan dan kemampuan seseorang untuk berpikir kritis.

Para narsum yang akan menyampikan materinya dalam Diklat guru SD,SMP, Kepala Sekolah dan Pengawas di Hoteol Balairung Matraman

 

Pentingnya Pembelajaran Numerasi lanjut Ramdan, ialah

  1. Peningkatan Kemampuan Matematika

Pembelajaran numerasi membantu siswa mengembangkan kemampuan matematika yang kuat, mempersiapkan mereka untuk masa depan yang sukses

  1. Keterampilan Penting dalam Kehidupan Sehari-hari
  2. Persiapan pada Era Digital
Baca Juga  Kapolda Kepri Resmi Dijabat Brigjen.Pol.Drs.Yan Fitri Halimansyah,M.H.

Pembelajaran numerasi membantu siswa menguasai keterampilan komputasi dan analisis data, yang sangat dibutuhkan dalam era digital ini.

Adapun Tujuan Pembelajaran  Numerasi sambungnya lagi,

1.Penguasaan konsep Matematika

2.Penerapan  dalam  kehidupan  sehari-hari

3.Ketampilan  berpikir logis

4.Persiapan  lanjutan  ke jenjang Pendidian  Tinggi.

Ramdan melanjutkan materi paparannya, Strategi Pembelajaran Numerasi Yang Efektif Dalam  Kurikulum  Merdeka, 1).Personalia Pembelajaran 2).Materi Interaktif, 3) Proyek Kolaboratif.

Adapun Tantangan  Dalam Mengimplementasikan Strategi Pembelajaran  Numerasi menurut  Ramdan ialah

  1. Kurangnya Sumber Daya
  2. Pola Pikir Negatif
  3. Kurikulum Terlalu Padat

Sedangkan Evaluasi Numerasi dalam Kurikulum  kata Ramdan,

  1. Penilaian Formatif Bertujuan untuk memantau dan memperbaiki

proses pembelajaran serta mengevaluasi pencapaian tujuan pembelajaran.

  1. Penilian Sumatif :   Penilaian yang dilakukan pada setiap akhir satu satuan waktu
  2. Reflesi Diri: Suatu proses atau kegiatan untuk melakukan penilaian dari kegiatan pembelajaran yang telah dilakukan

KESIMPULAN DAN REKOMENDASI PEMBELAJARAN NUMERASI DALAM KURIKULUM MERDEKA

  1. Pentingnya Pemahaman Matematika
  2. Penerapan dalam Kehidupan nyata
  3. Memotivasi minat Belajar,

Program Pendidikan Profesi Guru (PPG) Dalam Jabatan merupakan salah satu kebijakan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan untuk menyelesaikan dan menuntaskan sertifikasi guru dalam jabatan, sebagaimana yang diamanatkan dalam Undang-Undang Nomor 14 Tahun 2005 tentang Guru & Dosen tutup Iramdan (Ringo)

Share :

Baca Juga

Uncategorized

Respon Aduan Masyarakat, Polsek Pakuhaji Gelar Operasi Pekat Amankan 57 Botol Miras dari TKC*

Uncategorized

Polda Kepri Buka Penerimaan Polri Sumber Sarjana (SIPSS) TA 2024

Uncategorized

Penemuan Mayat Gegerkan Warga Kabupaten Serang Banten

Uncategorized

Siswa SMPN 1 Campurdarat Raih Juara III Festival Karawitan Dan Tetembangan 2023

Uncategorized

Turun ke Bandara Soetta, Mahasiswa Ajak Masyarakat Tingkatkan Persatuan Pasca-pemilu

Uncategorized

Polwan Polda Kepri Siap Jadi Garda Terdepan Dalam Ciptakan Pemilu 2024 Yang Aman dan Damai

Uncategorized

Ombudsman Puji Kapolri Rekrut Penyandang Disabilitas Jadi Polisi: Itu Luar Biasa!

Uncategorized

Amankan Rekapitulasi Hasil Perhitungan Suara, Kapolres Cilegon Kerahkan 235 Personel*

Contact Us