Home / Uncategorized

Selasa, 28 November 2023 - 18:32 WIB

Siswa SMPN 1 Campurdarat Raih Juara III Festival Karawitan Dan Tetembangan 2023

Tulungagung, LiputanNusantara.id – Siswa Sekolah Menengah Pertama (SMPN) 1 Campurdarat meraih juara tiga (3) lomba karawitan dan tetembangan yang digelar oleh Dinas Pendidikan Kabupaten Tulungagung melalui UPT Taman Bina Bakat Dan Kompetensi Siswa yang diikuti setingkat SD / MI dan SMP / MTs se Kabupaten Tulungagung, Rabu (8/11) dan Kamis (9/11).

 

Drs. Zaenal Komarudin, M.Pd selaku pengendali SMPN 1 Campurdarat mengaku bahwa bahwa dirinya sangat bangga terhadap hasil yeng telah dicapai oleh siswanya. “Saya sangat bangga atas pencapaian prestasi kami dalam lomba karawitan dan tetembangan kali ini, mengingat bahwa sekolah kami tidak memiliki perangkat gamelan,” akunya.

Baca Juga  Personel Polda Banten Amankan Pendistribusian Logistik Pemilu 2024*

 

Selain itu dia melanjutkan jika anak didiknya sangat semangat dan antusias sekali dalam menghadapi lomba ini. “Kami hargai semangat berlatih anak-anak, walaupun latihan harus dengan mencari tempat lain, dalam binaan para guru, mereka juga bisa mendapatkan predikat “Pengendang” terbaik disamping juara III,” lanjut dia.

 

Masih kata Zaenal, untuk menyatukan laras, leres, rempeg dalam penampilan karawitan, untuk menghasilkan  estetika itu sangatlah sulit.

 

“Guna mendapatkan hasil terbaik dalam mengikuti lomba tersebut siswa harus banyak berlatih, apalagi dalam keserasian gendhing dan tembang, malalui kegiatan ekstrakulikuker sekolah yang perlu waktu tidak bisa instan, Sehingga sesuai harapan, kami menyampaikan dengan hasil itu sekolah berharap seni karawitan akan terus lestari, utamanya gendhing dan tari Jawa juga kesenian daerah lainnya yang kelihatannya semakin punah karena perkembangan zaman, untuk itu saya berharap selain prestasi siswa kami juga meningkat, jangan sampai kesenian tradisional Indonesia ini tertutup oleh perkembangan teknologi, karena siapa lagi kalau bukan bangsa kita sendiri melalui pendidikan siswa di sekolah maupun di luar sekolah yang harus menjaga kelestarian kesenian tradisional kita,” harapnya. (lgln.tla)

Share :

Baca Juga

Uncategorized

Lapas Kelas 1 Tangerang gelar Penandatanganan komitmen Pembangunan Zona Integritas dan perjanjian kinerja Tahun 2024

Uncategorized

Kapolres Metro Tangerang Kota Beri Bingkisan Bagi Personil Pengamanan Nataru

Uncategorized

Pastikan Aman, Kapolres bersama Forkopimda Sambangi TPS-TPS di Kota Tangerang Jelang Pemilu 2024*

Uncategorized

Personel Polsek Selaru Dipimpin Kapolsek Padamkan Kebakaran Hutan dan Lahan

Uncategorized

Kapolres Pastikan Kawal Pemilu Susulan di Kecamatan Larangan Aman dan Lancar*

Uncategorized

Ketum DPP Projo Muda: Hasil Quick Count Prabowo-Gibran Indikasikan Menang Satu Putaran

Uncategorized

Lingkungan Theresia De Portugal ( TDP) Paroki Santo Servatius  Bekasi  Lakukan Pembagian  Bingkisan  Tali  Kasih kepada Umat Lansia

Uncategorized

Motivasi Menyentuh Kapolri Saat Bertemu Sultan Korban Kabel Menjuntai

Contact Us