Home / advertorial

Jumat, 24 November 2023 - 11:43 WIB

RSUD Tangerang Selatan Gelar Donor darah Sambut Hari Jadi Kota Tangsel ke 15

Tangerang, Liputan Nusantara.id- Hari Jadi Kota Kota Tangerang Selatan ( HUT ) ke-15 tanggal 26 November bersamaan Hari Kesehatan Nasional ( HKN ) 12 november ke-59, Rumah Sakit Umum Daerah Kota Tangerang Selatan mengadakan acara donor darah bekerja sama denga Palang Merah Indonesia ( PMI ) dan pelaksaannya dilakukan di lokasi Aula lantai 8 gedung 3 RSUD Tangerang Selatan, 23/ 11/2023.

Kegiatan ini sudah dilaksanakan setiap tahun untuk  memeriahkan HUT Kota Tangerang dan Hari Kesehatan Nasional ( HKN ). Momen Kedua acara ini RSUD Tangerang Selatan menyelenggarakan Donor darah bekerja sama dengan PMI Tangerang Selatan sebagai Wujud kepedulian Kesehatan dan memenuhi persediaan darah Palang Merah Indonesi (PMI),Peserta donor adalah pegawai RSUD Kota Tangerang.

Donor dilakukan di RSUD Tangerang Selatan berlangsung satu hari tanggal 23 November 2023 mulai jam 9 WIB awalnya yang bmendaftar sebagai donor berjumlah 95 orang hingga menjalang siang hari peserta donor menjadi 125 orang ucap Oco, SKM.MKM, Plt.Kepala Bagian Tata Usaha.

Baca Juga  Dalam Rangka Hut Kota Tangerang ke -31 DPRD Kota Tangerang Gelar Paripurna.

Kriteria Donor Darah yang sehat disampaikan Dr. Sahara Manullang dari PMI Tangerang Selatan,  adalah pendonor umur 17 tahun sampai 60 tahun sebelum melakukan donor yang bersangkutan  tekanan darah harus diperiksa dan berat badan minimal 45 Kg sebab berat badan 45 kg darah yang diambil 10 CC per berat badan.

Isi Kantong yang tersedia di PMI 350.CC dengan kondisi aman. Kenapa umur 17 tahun ?, umur 17 tahun sudah dewasa dapat menentukan sikaf darah tersebut diberikan bagian dari organ tubunya, dan syarat lain jangan minum obat dengan kriteria yang tidak diperbolehkan sebelum donor dilakukan.

Baca Juga  Dinas Pendidiakn Dan Kebudayaan  Tangerang Selatan

Ditambahkan Dr. sahara Manullang ada Batasan waktu pengambilan darah dalam kemasan kantong sebelum diolah menjadi komponen Trombosit maximal 5 jam agar kondisi darah tetap normal

Dilanjutkan Dr. Sahara Manullang jika perkiraan 125 orang peserta donor dan 450 cc/ orang sementara isi kantong 350 cc maka, jumlah kantong yang diperoleh sdikitnya 125 kantong dalam kegiatan di RSUD Kota Tangerang Selatan.

Apa manfaat donor terhadap pendonor? Suhara menjelaskan, efek untuk pendonor itu sangat bagus sekali. Sel darah tua ini diganti dengan sel muda, jadi darah pun umurnya 120 hari itu diperbaharui menjadi darah muda. Darah terangsang setiap 3 bulan sekali, bisa juga 2 bulan Ujar Sahara. ( ADV ).

Share :

Baca Juga

advertorial

Dalam Rangka Hut Kota Tangerang ke -31 DPRD Kota Tangerang Gelar Paripurna.

advertorial

Dinas Pendidiakn Dan Kebudayaan  Tangerang Selatan

Contact Us