Kota Tangerang,Liputannusantara.id- Presiden Joko Widodo meresmikan dua jembatan di Kota Tangerang Banten yakni Jembatan Cisadane A dan B dengan biaya konstruksi Rp106,7 miliar serta Jembatan Batuceper dengan biaya Rp123,2 miliar.

“Proyek penggantian jembatan ini menelan miliaran. Jembatan Cisadane sebesar Rp106,7 miliar, Jembatan Batuceper sebesar Rp123,2 miliar,” kata Presiden Joko Widodo dalam sambutan peresmian di Jembatan Cisadane Kota Tangerang, Senin.

Ia mengatakan, kedua jembatan ini berfungsi untuk meningkatkan aksesibilitas jalan di Provinsi Banten, antar kota atau kabupaten serta melancarkan angkutan barang, orang, logistik.

“Ada banyak manfaat yang dirasakan atas kehadiran jembatan ini. Itulah tujuannya,” katanya.

Hadir dalam peresmian jembatan tersebut yakni Menteri PUPR Basuki Hadimuljono, Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan, Pj Gubernur Banten Al Muktabar, Pj Wali Kota Tangerang Nurdin, Kapolri, Panglima TNI dan pejabat lainnya.

Penggantian Jembatan Cisadane A dan B di Kota Tangerang dikerjakan oleh Kementerian PUPR sejak pertengahan tahun 2022. Masing – masing jembatan memiliki panjang 110 meter.

Jembatan Cisadane yang baru diklaim memiliki kualitas lebih baik dibanding dengan desain jembatan sebelumnya sebagai upaya untuk meningkatkan konektivitas dalam mendukung pengembangan ekonomi di Kawasan Provinsi Banten.

Presiden Jokowi juga mengungkapkan Jembatan Cisadane A Dan B tersebut merupakan salah satu dari 37 jembatan Callender Hamilton (CH) di Pulau Jawa yang harus diganti.

Revitalisasi ini memang diperlukan karena diketahui bahwa jembatan-jembatan ini telah berusia lebih dari 40 tahun sehingga melewati usia layanan dan rentan apabila ada beban transportasi dan logistik yang semakin berat.

“Selain tentunya untuk meningkatkan aksesibilitas dan mobilitas barang dan orang di Kota Tangerang,” katanya.

Pj Wali Kota Tangerang Nurdin mengatakan dengan selesainya pembangunan Jembatan Cisadane, semakin memudahkan mobilitas masyarakat dan memberikan rasa aman untuk melintas.

Dengan tampilan baru yang tanpa tiang penopang, Jembatan Cisadane A dan B juga memiliki keunikan, dimana pengendara kendaraan bermotor maupun pejalan kaki dapat langsung melihat Sungai Cisadane yang menjadi sumber air baku dan sarana rekreasi bagi warga Kota Tangerang.

Pada kesempatan tersebut, Presiden juga meresmikan Jembatan Tawing di Kabupaten Serang dengan biaya konstruksi Rp40,6 miliar.