Home / Daerah

Rabu, 3 Januari 2024 - 20:38 WIB

Pemkab Humbahas Ikuti Rakornas Pengendalian Inflasi Tahun 2024 Melalui Vidcon

Humbahas,Liputannusantara.id-Pemkab Humbahas Ikuti Rakornas Pengendalian Inflasi Tahun 2024 Melalui Vidco

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Humbang Hasundutan (Humbahas) mengikuti Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) Pengendalian Inflasi 2024 melalui Video Conference (Vidcon) yang dilaksanakan Kementerian Dalam Negeri, Rabu 3 Januari 2024.

Rapat dipimpin langsung oleh Menteri Dalam Negeri, Tito Karnavian dan dihadiri Kepala Staf Kepresidenan, Jenderal TNI (Purn) Dr. H. Moeldoko, BPJS, Bulog, Kejagung, Satgas Pangan Polri, Badan Pangan Nasional, Kementan, Kementerian Perdagangan, Perwakilan TNI juga Gubernur, Bupati dan Wali Kota seluruh Indonesia.

Menteri Dalam Negeri, Tito Karnavian menyampaikan dalam kata sambutanya, bahwa posisi Indonesia berada di peringkat 53 dari 186 negara di Dunia dan peringkat 4 dari 11 negara ASEAN. Inflasi Indonesia tahun ke tahun meraih 2,61 persen yaitu desember 2022 terhadap desember 2023 dan inflasi bulan ke bulan (perkembangan inflasi bulan ke bulan) mencapai 0,41 persen.

Baca Juga  Musrenbang RKPD 2025, Terlaksana di Kecamatan Simanindo, Harian, Nainggolan dan Sianjur Mulamula.

Sementara itu, Kepala BPS, Amalia Adiniggar Widyasanti menyampaikan bahwa pemetaan kota berdasarkan frekuensi dan inflasi tahunan (tahun ke tahun) ada 12 kota yang inflasinya lebih 3 persen dengan frekuensi 3 kali ke atas. Kota-kota ini perlu mendapat pencermatan.

Amalia juga menyampaikan bahwa penyumbang utama andil inflasi Desember 2023 (bulan ke bulan) adalah kelompok makanan, minuman dan tembakau. Biasanya hari-hari keagamaan permintaan relatif tinggi seperti cabai merah, bawang merah, tomat, beras, telur ayam ras, cabai rawit, daging ayam ras, bawang putih, minyak goreng, gula pasir.

Baca Juga  Waka Polres Lebak Polda Banten menyerahan Bantuan Beras dari Kapolda Banten Kepada Bhabinkamtibmas Polsek Jajaran Polres Lebak

Menyikapi inflasi dan penyumbang andil inflasi ini Menteri Dalam Negeri, Tito Karnavian menginstruksikan masing-masing daerah untuk lebih serius mengatasinya dan mengingatkan kepala daerah (penjabat) yang inflasinya diatas 3 persen dengan frekuensi 3 kali ke atas tidak segan-segan untuk menggantinya.

Tonny .S

Share :

Baca Juga

Daerah

Hari Pers Nasional Bersama Pemkab DiHumbahas; Dinas Kominfo.

Daerah

Siagakan 250 Petugas Gabungan, Polres Labuhanbatu Amankan Ibadah Natal di 66 Gereja

Daerah

Satgas 111 Patroli Keamanan Dan Kelancaran Lalu Lintas Di Sekitar Tempat Ibadah Dan Tempat Keramaian

Daerah

Pemerintah Desa Dolokmargu Peduli Pengguna jalan.

Bisnis

Pemerintah Komitmen Wujudkan Danau Toba sebagai Bali Baru

Daerah

Kejari Kabupaten Humbahas Bawa Materi Taat Hukum, Guna Menghindari Kenakalan Remaja.

Daerah

Kapolda Banten Pimpin Serah Terima Jabatan Kapolres Serang

Daerah

Kapolsek Nongsa Terima Penghargaan Polsek Terbaik Periode November 2023

Contact Us