Home / Metropolitan

Sabtu, 20 Januari 2024 - 11:10 WIB

Mengawali tahun 2024  PT Aditya Aryaprawira adakan Donor Darah

Jakarta, Januari, Liputan Nusantara(LN) ,Donor Darah adalah kegiatan mendonorkan atau menyumbangkan darah secara sukarela. Donor ini dilakukan untuk memenuhi kebutuhan orang-orang yang memerlukan tambahan darah, seperti penderita trauma berat yang kehilangan banyak darah, anemia, talasemia, hemofilia, hingga leukemia.

Donor darah adalah aktivitas yang saat ini masih aktif dilakukan di Indonesia. Darah tersebut nantinya akan disimpan di bank darah dan digunakan untuk keperluan transfusi darah bagi orang yang membutuhkan.

Namun, donor darah tidak hanya memberikan manfaat bagi orang yang membutuhkan, tetapi juga bagi pendonor. Sayangnya, banyak yang belum menyadari akan manfaat donor darah sehingga tak sedikit masyarakat yang enggan ikut serta dalam kegiatan ini.

Tujuan donor darah adalah untuk kepentingan sosial dan kemanusiaan. Prosedur ini berada di bawah pengawasan Palang Merah Indonesia (PMI) dan telah dijamin keamanannya dalam UU No. 36 Tahun 2009 tentang Kesehatan.

Berbicara Donor Darah, saya Ringo, Kabiro Liputan Nusantara(LN),DKI Jakarta,  sudah pernah memberitakan di media  ini pada edisi 16 November 2023 dibawah judul “Bekerja dengan Pendekatan Hostolik”

Donor darah i-SWAM, bekerja sama dengan organisasi perkumpulan KRIS (d/h Killcovid-19) – dilaksanakan tanggal 1-3 Des 2023, dengan target 200 org/hari bekerjasama dengan PMI DKI.

Mengapa donor darah itu penting? Donor darah merupakan bentuk kepedulian sosial yang memberikan dampak positif yang tak ternilai harganya. Darah yang disumbangkan akan memenuhi kebutuhan pasien yang sedang dalam kondisi kritis, seperti penderita kanker, pasien bedah, ibu melahirkan, dan korban kecelakaan.

Untuk kesekian kalinya, Kil Covid-19 yang sekarang disebut KRIS (Kill Covid-19 International Services Pimpinan Adharta Ongkosaputra bersama Palang Merah Indonesi(PMI)  Memberikan konstribusi sangat besar sekali dalam hal pengumpulan Darah (Donor Darah). Menurut Ketua Umum KRIS Adharta Ongkosaputra, kegiatan donor darah ini sebagai ucapan syukur yang dilakukan PT Aditya Aryaprawira di awal tahun baru 2024. Awal Desember  tahun  1998 ujar Adharta bercerita,Saya bertemu Bapak Mar’ie Muhammad di Airport Soekarno Hatta Cengkareng. Kami sama sama mau berangkat ke Singapura satu pesawat,kenangnya.

Asyik cerita nya dan beliau akan diangkat menjadi ketua Palang Merah Indonesia (PMI). Saya bilang Pendiri Palang Merah Indonesia itu adalah Pimpinan Anggota Lions Club Indonesia beliau tidak

Baca Juga  Bekerja dengan pendekatan Holistik

Selama Pandemi Covid-19  Kerja sama Killcovod-19 (sekarang kita sebut KRIS) sangat baik sekali dan amat mesra. Dibawah pimpinan Bapak Yusuf Kalla (teman main Golf saya) sambung Adharta lagi, Dan Bapak H Rustam Effendi      ( Ketua PMI DKI Jakarta). Beliau juga teman main golf akrab saya

Ada tanda kenang kenangan hadiah sebuah Ambulance kelas D dari KRIS buat PMI DKI JakartaSebagai bentuk Appresiasi dari KRIS kepada PMI DKI Jakarta . Sore ini saya duduk di kantor kata Adharta lagi. Hari menjelang sore tapi cukup panas tiba tiba telepon masuk dari ibu Atun UDD PMI DKI untuk perencanaan Donor Darah. Kerja sama KRIS dan PT Aditya Aryaprawira Group dan PMI. Rencana Kamis tanggal 18 Januari 2024 Di gedung Serba Guna Wisma Mitra Sunter  Jakarta utara.

Kali ini sangat Istimewa sekali Karena donor darah di KRIS  ada hadiah nya berupa Goodie Bag isinya macem macem  Sampai Lucky draw 2 unit sepeda BMX.Ayo siapa yang mau donor darah hubungi saya 0816707101 (WA no KTP dan alamat jelas dan nomor HP)

Beberapa perusahaan besar juga menghubungi kami untuk membuat kegiatan Donor Darah ungkap Adharta yang juga menjadi  ketum Kill Covid-19 ini, Mulai dari perencanaan sampai kegiatan nya Terutama mencari pendonor. Saat lalu 3 (tiga) hari ber turut turut tanggal 1, 2, dan 3 Desember 2023 KRIS bersama ISwam ke XIV membuat kegiatan donor darah di ICE BSD.

Adharta menjelaskan bahwa menurut PMI, diperkirakan kebutuhan akan darah pada bulan puasa bisa jadi akan meningkat. Karenanya pihaknya melakukan sinergi dengan PT Aditya Aryaprawira dan PMI Jakarta Utara dalam kegiatan kemanusiaan ini. Dan itulah sebabnya, rencananya pada Februari mendatang akan melakukan aksi sosial membantu sejumlah kebutuhan medis di Rumah Sakit Santa Maria di Cilacap, Jawa Tengah.

“KRIS nanti awal Februari akan ke Cilacap membantu Rumah Sakit Santa Maria di Cilacap. Dan  juga akan mengadakan kegiatan membagikan kaca mata gratis di Wonosobo,” tuturnya.

Adharta mengajak   perusahaan-perusahaan untuk bersama menyalurkan dana CSR (Corporate Social Responsibility) atau tanggung jawab sosial perusahaan. Secara sederhana, CSR adalah kegiatan perusahaan yang memiliki tanggung jawab secara sosial kepada masyarakat sekitar dan masyarakat secara luas hingga pemangku kepentingan.

Baca Juga  Apa itu Uang Plastik ?

Berikut ini beberapa hal tentang CSR yang sudah dilansir dari berbagai sumber:

  1. Besar anggaran dana CSR Berdasarkan peraturan UU PT dan PP 47/2012 menyatakan bahwa besaran dana CSR adalah tidak spesifik, sesuai dengan kebijakan perusahaan. Meskipun demikian, biaya CSR wajib tetap dikeluarkan diperhitungkan dan dianggarkan oleh perusahaan sesuai dengan kepatutan dan kewajaran. Hal ini tercantum dalam UU 40/2007 pasal 47 ayat 2.
  2. Jenis-jenis CSR Penggunaan sumber energi terbarukan. Hal ini dilakukan agar perusahaan ikut serta dalam melestarikan sumber daya alam

Untuk jenis ini, perusahaan memiliki tanggung jawab terhadap penjaga alam, terutama bagi perusahaan produsen limbah. Contoh kegiatannya seperti penanaman bakau dan reboisasi hutan.  Volunteering  Kegiatan ini bisa dilakukan secara rutin maupun insidentil, seperti mengirimkan tenaga pengajar ke daerah terpencil atau penerjunan tenaga relawan Ketika bencana.

3.Manfaat CSR

* Bagi lingkungan hidup : Suatu perusahaan diminta tidak hanya mengejar keuntungan dalam jangka waktu tertentu, tetapi harus aktif berkontribusi terhadap kualitas lingkungan melalui dana CSR perusahaan.  Bagi perusahaan  Ketika nama perusahaan terbentuk baik di mata masyarakat, maka proses branding juga akan lebih mudah, terutama jika target masyarakat yang merasakan CSR

* Bagi perusahaan : Ketika nama perusahaan terbentuk baik di mata masyarakat, maka proses branding juga akan lebih mudah, terutama jika target masyarakat yang merasakan CSR berskala nasional, seperti beasiswa sepak bola, pendirian sumur di daerah kering dan sebagainya.

*Bagi pemerintah : Manfaat CSR adalah mendukung program-program pemerintah terkait kemajuan bangsa dan negara. CSR adalah aksi sosial yang dilakukan oleh perusahaan terhadap masyarakat. Oleh sebab itu, CSR perusahaan hadir membantu pemerintah dalam menangani berbagai masalah sosial seperti pencemaran lingkungan, kemiskinan, pengangguran, Pendidikan dan sebagainya.

 

*Bagi masyarakat : Contoh nyata CSR adalah pendirian pabrik di tengah-tengah masyarakat dengan memperhatikan kenyamanan dan keamanan warga sekitar. Selain itu, CSR perusahaan juga bisa diwujudkan dengan menyerap tenaga kerja dari warga di lingkungan perusahaan.

KRIS ini merupakan organisasi yang  bergerak dalam  kegiatan kemanusiaan, aksi sosial, dan berbagi dengan sesama. Adharta mengajak perusahaan-perusahaan untuk mempercayakan dana CSR kepada KRIS.untuk disalurkan keberbagai institusi ,organisasi dan komunitas-komunitas yang membutuhkannya tutup Adharta.(Ring-o)

Share :

Baca Juga

Metropolitan

Apa arti dan Makna Hari Raya  Imlek ?

Metropolitan

Dua Orang Meninggal di DKI Karena Covid-19

Metropolitan

SEKOLAH SADAR SAMPAH

Metropolitan

Hari Guru Nasional 25 November 2023

Metropolitan

Ketua PERMINDO Joel Sinaga Meminta Menghormati Hasil PILPRES 2024 Sebagai Pilihan Yang Telah Diambil Oleh Rakyat

Metropolitan

Bekerja dengan pendekatan Holistik

Metropolitan

 “Menara Internet dari Bambu”, Diresmikan Duta Besar Inggris Di Tambolaka,Sumba Barat Daya, Kamis 1 Februari 2024 .

Daerah

Kapolda Banten Cek Kesiapan Pengamanan Nataru Sekaligus Sapa Pemudik di Pelabuhan Merak Cilegon

Contact Us