Home / Metro

Jumat, 5 Juli 2024 - 10:12 WIB

Mencari teman, Kamis 4 Juli 2024 (Seri ke 2)

(Oleh : Adharta Ketua Umum KRIS dipublikasi oleh Ringo kabiro Liputan Nusantara DKI Jakarta)
Adharta Bersama dr.Lie Dharmawan di Jakarta.

Liputan Nusantara( LN),Mencari teman berarti mecari Persahabatan.

Menurut Santrock (2007) persahabatan adalah sekumpulan kawan yang terlibat dalam kebersamaan, saling mendukung, dan memiliki keakraban. Persahabatan atau pertemanan adalah istilah yang menggambarkan perilaku kerja sama dan saling mendukung antara dua individu.

Menurut Santrock, ada lima arti dan makna Persahabatan. Yaitu :

  1. Menerima apa adanya, baik kelebihan maupun kekurangan

Sebagai manusia kita harus sadar bahwa tidak ada orang yang sempurna di dunia ini. Semua punya kelebihan dan kekurangan. Percuma kita  mencari seseorang yang sempurna, itu tidak akan ada. Sahabat sejati adalah mereka yang mau menerima  kekurangan dan kelebihan sahabat mereka, dan bersama-sama memperbaiki diri menjadi lebih baik lagi.

  1. Menghargai perbedaan masing-masing individu.

Malam Budaya dan Bahasa Internasional Merupakan Forum Persahabatan Negara-Negara Sahabat Jumat, 23 Oktober 2015

Perbedaan pendapat, cara berpikir, dan sudut pandang adalah hal yang biasa. Ya, karena manusia ditakdirkan untuk menjadi berbeda. Kalau kita semua sama enggak seru, dong? Yang bisa kita lakukan hanyalah menghargai sahabat kita, dan saling berpikir dengan kepala dingin dan mencoba mengerti satu sama lain, bukan saling membantah dan berujung dengan perdebatan tak berguna.

  1. Saling merangkul, bukan saling melepaskan

Meskipun jarak memisahkan, bukan berarti kita harus menyerah dengan keadaan. Komunikasi dalam menjalin suatu hubungan itu sangatlah penting. Tentunya kita mau persahabatan kita bertahan lama, enggak hanya 2-3 tahun saja. Saat sedang ada masalah, alangkah baiknya jika dibicarakan secara langsung. Bukan menggunjing secara diam-diam di belakang.

 

  1. Belajar untuk lebih mengenal diri sendiri

Sahabat memang berpengaruh besar bagi kita, sadar ataupun tidak. Jadi bisa dibilang sahabat merupakan cerminan diri kita sendiri. Coba sama-sama merenung, apakah kita sudah berteman dengan orang yang tepat?

  1. Ada di saat suka maupun duka

ya, sahabat yang baik enggak hanya datang pas lagi bahagia aja. Baik suka maupun duka, kita harus saling membantu, saling mendukung, dan menyebarkan kebahagiaan! Jangan kira sahabat ini enggak penting, ya, teman-teman. Sahabat bisa menjadi sumber kekuatan yang besar bagi kita.

Para duta besar (dubes) luar biasa dan berkuasa penuh (LBPP) dari 12 negara sahabat telah menyerahkan surat kepercayaan kepada Presiden Joko Widodo di Istana Merdeka, Jakarta, pada Senin, 23 Oktober 2023.

Menurut Chairul Bariah, Dosen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Islam Kebangsaan Indonesia, Persahabatan adalah ikatan yang terjadi antara satu individu dengan individu lainnya dalam bingkai kasih sayang, menghargai dan saling pengertian, tanpa ada rasa terpaksa, tersiksa dan terbebani. Jalinan persahabatan ini juga harus dapat dipelihara dengan baik. Sahabat yang baik adalah orang yang mau mendengar, memberikan solusi dan siap menerima kita apa adanya.

Baca Juga  Peringatan Hari Lanjut Usia Nasional(HALUN) Dekenat Bekasi Di Gereja St.Servatius Kp.Sawah Bekasi Jumat, 7 Juni 2024

Untuk menjalin persahabatan dengan kasih sayang haruslah ada rasa saling memiliki dan mengenal perilaku  masing-masing. Sebelum ikatan persahabatan itu diikrarkan, sebaiknya  cari tau tentang pribadinya dari orang-orang terdekat atau yang pernah berteman dengannya. Jika belum ada informasi tentangnya maka  manfaatkan media sosial yang ada.

Adharta(kiri) bersama Capt Amin Ashari (tengah) di Balikpapan dan bpk Adhityia(kanan)

Rasa saling menghargai, pengertian dan memaklumi  karakter  masing-masing akan dapat menjaga keberlangsungan sebuah persahabatan. Jika makna persahabatan sudah dipahami maka akan menempatkannya diluar kepentingan pribadi atau institusi bagi yang bekerja.

Dalam seri 2(dua) ini, Adharta Ongkosaputra yang menjadi ketum KRIS oini mengisahkan  bahwa dia hadir dalam peringatan Independence Day(HUT Amerika) Di kedutaan Amerika Acara makan siang bertemu banyak teman. Saya, kata dia ketemu teman lama  yaitu Mr Jonatan yang sekarang jadi Duta Besar di Singapura’ Persahabatan itu sungguh indah. Di Singapura ada Duta Besar Indonesia Bapak Tomy Saya belum sempat kontak beliau untuk salaman. Saya suka berteman  dan lebih penting lagi bisa beranjangsana dan saling bercerita.  Beberapa teman saya di Singapura sudah pergi mendahului.  Ini jadi kenangan bersama bapak Yussof Kamarudin. Bapak Wee Soon Yeow, Bapak PS Tan . Mereka meninggal di usia muda.

Adharta bersama Dr Edhy

Ia melanjutkan, Sekarang masih banyak teman  antara lain Mr KE Tan, Subandi, Mr Henry Sih, Mr Go Kim See, Mr Vincent Ong. Wah banyak sekali. Juga ada teman SMA saya Ibu Jauw Fei Lan Lama tidak jumpa. Mengapa persahabatan itu menjadi begitu penting ?tanya dia ,Dan dijawab sendiri olehnya.Menurut saya kata dia, Karena ada 3 hal yang menjadi dasar perdamaian Dunia : Pertama Persahabatan antar negara selalu di mulai dari pertemanan. Baik antar pemimpin negara maupun persahabatan pengusaha teman sekolah. Saat Presiden Gusdur menjumpai pak Tong Djoe dan Pak Robin.Bagaimana saat itu menghantar Indonesia Membuka hubungan lebih Mesra dengan Singapura dan Tiongkok. Kedua : Para pemimpin memberikan sebuah contoh persahabatan yang baik ,Kita bisa contoh PM Lee Kuan Yeow. Setiap kali berkunjung selalu membuka persahabatan. Bahkan bisa membuat warga negara Singapura bebas berkunjung ke beberapa negara tanpa harus membuat Visa. Ini perlu kita Contoh. Ketiga : Pertemanan memberi contoh rendah hati. Suatu hari saya diajak bertemu PM Goh Chock Tong Ujarnya, Walau di usia lanjut tetap menjalin persahabatan. Kami datang ke rumah beliau yang sangat sederhana di hantar putranya Goh Ji Hian.  Lalu beliau ajak lihat Klinik beliau , Disaat masih praktek Sikap rendah hati. Mau bersahabat ini adalah kunci perdamaian Dunia. Masih banyak masalah perselisihan antar bangsa, Saya rasa hanya dan hanya bisa di selesaikan dengan persahabatan. Tentu Indonesia juga bisa memanfaatkan Friendship Diplomacy . Jadi penyelesaian perdamaian diluar jalur resmi mungkin jauh lebih bermanfaat.

Baca Juga  Durian,Feng shui, Kill Covid  Apa Hubungannya ?

 

Saya sempat bertemu Duta besar Afrika Selatansambung dia lagi. Saya sempat bercanda bahwa Ini makanan semua asalnya dari Indonesia. Beliau tertawa lalu katanya sayang tidak ada black salad, Apa itu tanya saya ,Rujak Cingur kata beliau. Ha…ha… ternyata beliau fasih juga bahasa Indonesia tidak kalah lho. Coba kemana saja tanya Nasi Goreng, Orang pasti tahu, Saya pernah makan di Shang Hai. Bahasa saya kurang sempurna lafal Cao fan. Mereka ga mengerti lalu saya bilang, Apa ya bahasa mau minta nasi goreng. Pelayan nya tertawa, ha….ha….  dan bilang Wo Ming bai nasi goring. Sungguh senang orang mengerti Bahasa indah Persahabatan. Nasi goring Coba dengar lagu bahasa Belanda, Makan nasi goreng dengan  Krupuk Saya senang cari makan enak. Dimana saja saya cari makanan khas negara tersebut. Di Singapura semua bisa di dapat. Ada Makanan Khas Philipina namanya Balut . Nah ini susah makan telor yang mau jadi ayam . Bisa cari Lutung Pinoi. Makanan khas semua negara bisa kita jumpai disini ( Singapura-red). Untuk makan enak ada lima (5) syarat ujar  Adharta, yaitu :1) harus lapar,2) hatinya harus senang, 3) . Harus ada teman yang menemani, 4) Suasana adem enak dan juga diikuti musik enak, 5) GRATIS. Ha…ha…ha  sambil ketawa.Senang sekali kita bersahabat. Sambil menutup dengan menyampaikan semboyan orang Singapura :  “Miss you all friends, A frien of my friend is my friend”.. Bersambung…… ( Ring-o)

Share :

Baca Juga

Metro

Durian,Feng shui, Kill Covid  Apa Hubungannya ?

Metro

Peringatan Hari Lanjut Usia Nasional(HALUN) Dekenat Bekasi Di Gereja St.Servatius Kp.Sawah Bekasi Jumat, 7 Juni 2024

Metro

Freddy Numberi; “ Menuju Bangsa Yang Kuat”

Metro

Mengenal Idul Fitri 1 syahwal H 1445

Metro

Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional (RPJMN) 2020-2024 merupakan titik awal untuk mencapai sasaran Visi Indonesia 2045  : yaitu Indonesia Maju.

Metro

Pergi apa Pulang ? ( Seri1)

Metro

Apa Istimewanya Flores Bagi Adharta Ongkosaputra Ketum Kris?

Metro

SEAGPI Lakukan  Wisuda Angkatan II Kota Wisata Cilengsi,Bogor  30 Maret 2024

Contact Us