Home / Metropolitan

Senin, 12 Februari 2024 - 12:46 WIB

 “Menara Internet dari Bambu”, Diresmikan Duta Besar Inggris Di Tambolaka,Sumba Barat Daya, Kamis 1 Februari 2024 .

Menara Internet terbuat dari bambu diresmikan duta besar Inggris untuk Indonesia di Tumbelaka Sumba

Jakarta, Februari, Liputan Nusantara, Kedubes Inggris untuk Indonesia dan Timor Leste,  Dominic Jermey didampingi Bupati Sumba Barat Daya,  dr.Kornelius Kodi Mete meresmikan menara bambu untuk akses internet warga di  Balai Latihqan Kerja (BLK)  Don Bosco di Desa Weepangali, Kecamatan Tambolaka, Sumba Barat Daya, hari Kamis 1 Februari 2024.

Bambu adalah tanaman jenis rumput-rumputan  dengan rongga dan ruas pada batangnya. Bambu  memiliki banyak jenis. Nama lain dari bambu  adalah buluh, aur, pring dan eru. Di dunia ini bambu  merupakan salah satu tanaman dengan pertumbuhan paling cepat.

Pelaksanaan kedua proyek yang didanai pemerintah Inggris ini menunjukan adanya hubungan kuat antara energi bersih dan akses literasi digital

 

Bambu adalah tanaman dengan laju  pertumbuhan tertinggi di dunia yang ditentukan oleh

kondisi tanah lokal, iklim, dan jenis spesies. Bambu tumbuh dengan cara menyebarkan

perakaran dan rhizomanya dengan cara menyusur di bawah tanah. Penyebaran akar rhizoma sangatlah  mudah, hal ini juga sangat ditentukan oleh jenis tanah dan iklim setempat

Apa saja manfaat Bambu?manfaatnya banyak sekali: Manfaat bambu terkait Air,( Memperbaiki sumber tangkapan air),  Manfaat bambu terkait Udara (menyerap CO2 sebanyak 62 ton/Ha/tahun),  Manfaat Bambu terkait lahan(mampu menahan erosi dan longsor )

Manfaat Bambu lainnya : Pembuatan kerajinan, alat rumah tangga, alat

musik, kuliner dan obat herbal dan lain-lain termasuk pembuatan menara Internet seperti yang diceritakan diatas.

Pembangunan menara bambu untuk akses internet Sumba Barat Daya merupakan salah satu program pemerintah Inggris bekerjasama dengan NGO  Common Room, salah satu NGO lokal indonesia dan BLK Don Bosco Weepangali, Tambolaka, Sumba Barat Daya.

Pembangunan menara bambu untuk memberi akses kemudahan internet bagi masyarakat Weepangali khususnya dan Sumba Barat Daya pada umumnya.

Baca Juga  "Merespon WAG Adharta Ketum KRIS 6 Juni 2024 terkait Penanganan Stunting"

Disebutkan pembangunan menara bambu akses internet merupakan  hasil kolaborasi antara program akses digital Inggris, LSM lokal Common Room dan pusat pelatihan Don Bosco, melalui inisiatif sekolah untuk Komunitas jaringan.

“Saya sangat senang berada di sini kata Dominic Jermey Duta besar Inggris untuk Indonesia di BLK Don Bosco di desa Weepangali, untuk peluncuran Menara Internet yang terbuat dari Bambu yang pertama di Sumba. Menara internet bambu ini adalah hasil kolaborasi antara Program Akses Digital Inggris, LSM lokal Common Room, dan Pusat Pelatihan Don Bosco, melalui inisiatif Sekolah untuk Komunitas Jaringan. Saya ingin menyampaikan terima kasih saya kepada Pemerintah Daerah Nusa Tenggara Timur dan Sumba Barat Daya atas dukungan yang diberikan,” ungkap Dominic Jermey.

“Menara internet dari bambu ini adalah contoh luar biasa, tentang bagaimana inovasi, kolaborasi, dan kreativitas dapat menghasilkan solusi, untuk mengatasi tantangan konektivitas digital dan mendukung pemberdayaan ekonomi. Inggris berkomitmen untuk mendukung transformasi digital yang inklusif, bertanggung jawab serta berkontribusi terhadap pertumbuhan ekonomi di Indonesia. net dari bambu ini tidak hanya menyediakan akses internet yang stabil dan dapat andalkan bagi masyarakat setempat. Menara ini juga bisa membuka berbagai peluang dan akses yang lebih baik untuk pendidikan dan kesehatan, kemudahan komunikasi antara masyarakat dan pemerintah, serta akses ke pasar digital untuk meningkatkan penghasilan,” lanjut Dominic Jermey.

“Saya juga sangat terinspirasi, setelah mendengar cerita yang disampaikan para lulusan inisiatif School of Community Networks, mengenai pelatihan literasi digital, dan cara-cara produktif untuk mempraktikan ilmu dari pelatihan yang telah mereka terima. Kemarin, saya mengunjungi PLTS MENTARI di desa Mata Redi. Saya belajar banyak tentang dampak sosial positif, yang dihasilkan proyek ini terhadap masyarakat setempat. Saya juga mendengar cerita dari mereka tentang bagaimana operator PLTS menggunakan keterampilan dan teknologi digital baru, untuk meningkatkan manajemen energi dalam proses menghasilkan Listrik, pungkas Dominic Jermey.

Baca Juga  " Tolak Revisi UU Penyiaran !!!

Dalam sambutannya Bupati Sumba Barat Daya dr. Kornelis Kodi Mete menyampaikan bahwa dalam keindahan sekalipun tentu masih banyak kekurangan terutama masalah kemiskinan seperti stunting dan keberlanjutan Pendidikan didaerah ini, hari ini kita hadir disini melihat Pembangunan jaringan internet menggunakan bambu, ini sangat menarik khususnya Masyarakat Sumba Barat Daya mengapa karena rumah adat nenek moyang orang Sumba Barat Daya dibangun dari dua unsur ini yaitu bambu dan alang dan saat ini kita bangun menara internet dari bambu. Hal ini akan menjadi contoh yang baik untuk wilayah blanspot lainnya, terang Bupati SBD.

Pada kesempatan yang sama, Penjabat Bupati Sumba Tengah dr. Drs. Jusuf Lery Rupidara mewakili Gubernur Provinsi Nusa Tenggara Timur mengatakan, Momentum ini sangat baik, Dimana kolaborasi kita untuk membangun dunia literasi digital, culture digital, Government digital, etika berdigital dan keamana digital karena tanpa ini semua kami akan terus tertinggal dengan daerah-daerah lain, ungkap Pj. Bupati Sumba Tengah.

“Nusa Tenggara Timur (NTT) merupakan Provinsi yang sangat luas, daratannya 47.000 Km² dan lautnya 200.000 km², jika tidak dibantu lewat literasi digital maka NTT hanya berdiam diri dan sulit untuk mencapai sebuah kemajuan. Provinsi NTT memiliki beberapa komoditi unggulan seperti kopi, jambu mente, kakao, cokelat, rumput laut, garam, pariwisata alam dan budaya serta yang terbaru energi baru terbarukan (EBT) namun Sumber Daya Manusia yang belum cukup untuk mengelola semua itu,” tutup Pj. Bupati Sumba Tengah ini.(Ring-o)

Share :

Baca Juga

Metropolitan

Mengenal Idul Fitri 1 syahwal H 1445

Metropolitan

Makna Paskah(By.Adharta Ongkosaputra ketum KRIS) (Disosialisasikan Ringo,Kabiro Liputan Nusantara DKI Jakarta)

Metropolitan

Mengungkap Nasib Para Dosen di Indonesia yang Dianggap Masih Kurang Diperhatikan.

Banten

Satlantas Polresta Bandara Soetta Rekayasa Lalu Lintas di East Flyover

Metropolitan

KJRI Frankfurt Gelar Pesta Anak, Pupuk Generasi Emas Masa Depan Bangsa

Metropolitan

Kapolri Naik Heli Bareng Menko Polhukam Tinjau Kesiapan Arus Mudik di Merak

Metropolitan

Kelahiran  Kill Covid-19 Relief International Services ( KRIS)

Metropolitan

Hidup Adalah Pilihan

Contact Us