Home / Metropolitan

Sabtu, 27 Januari 2024 - 20:53 WIB

Komunitas Lansia Gereja  Servatius Ziarah  ke Taman Doa Our Lady Of Akita PIK 2  Jumat 26 Jqanuari 2024

Romo Clay Parera, Moderator Komunitas lansia paroki-paroki sedekenat Bekasi sedang berkotbah ditengah komunitas lansia di Taman doa  Our Lady Of Akita PIK 2    Jumat 26 Januari 2024.

 

Jakarta, Liputan Nusantara – Salah satu tempat ziarah dan jalan Salib di Jakarta adalah, Taman Doa Our Lady Of Akita PIK 2 Jakarta. Kemarin Jumat, Komunitas Adiyuswa yang biasa disebut komunitas  Lansia Gereja Santo Servatius Kampung sawah ,Bekasi yang misa ziareknya dipimpin oleh  Romo Clay Parera sebagai romo Moderator Lansia paroki-paroki se Dekenat Bekasi. Ziarah ini diawali dengan Misa yang dipimpin Romo Clay Parera dengan Bacaan injilnya diambil dari Injil ( Lukas 10: 1-9).setelah itu dilanjutkan dengan Jalan Salib. Penulis merupakan anggota Komunitas Lansia Gereja Servatius Kampung sawah yamng kebetulan jurnalis Liputan Nusantara (LN) DKI  Jakarta,turut serta  dalam acara ziarah dan jalan Salib  di Taman doa Our Lady Of Akita PIK 2 tersebut.

Peserta mengikuti Jalan Salib hingga 14 perhentian

Jalan Salib adalah devosi yang mengarahkan pandangan spiritual kita pada peristiwa Yesus Kristus mulai dari keputusan hukuman mati pada Yesus hingga peristiwa pemakaman-Nya. Dalam bahasa Latin, Jalan Salib disebut Via Dolorosa artinya Jalan Penderitaan. Ada 14 perhentian  yang  muncul sekitar abad XVI di Yerusalem dan semakin meluas pada abad XVII. Sejak saat itu, gereja kerap dihiasi dengan simbol 14 perhentian tersebut untuk keperluan Doa Jalan Salin bagi umat yang ingin mendaraskannya di dalam gereja. Inilah saat-saat terakhir hidup Yesus secara historis di dunia. Doa Jalan Salib adalah doa devosi yang dianjurkan pada masa Prapaskah. Melalui doa ini, umat Katolik diajak untuk merenungkan dan menghayati perjalanan penderitaan yang dialami Yesus sebelum naik ke surga, mulai dari Istana Pilatus sampai di bukit Golgota. Biasanya, Doa Jalan Salib dilakukan pada hari Jumat Agung atau setiap hari Jumat selama Masa Prapaskah. Umat Katolik juga sering mendaraskannya saat retret dan ziarah.

Baca Juga  WANITA DAN POLITIK

Usai misa dari gereja, foto bersama didepan gereja

Mengutip buku Liturgi dan Devosi oleh Komisi Liturgi – Keuskupan Agung Semarang, menurut sejarah, Doa Jalan Salib menjadi bentuk kebaktian rakyat yang muncul lantaran kebiasaan ziarah mereka ke Yerusalem bersama kelompok Fransiskan sejak abad XIV. Jalan Salib adalah sebuah devosi yang mengarahkan pandangan pada spiritualiti kita pada pandangan peristiwa Yesus Kristus, mulai dari putusan hukuman mati pada Yesus, hingga pada peristiwa pemakamannya.  Inilah jalan terakhir Yesus ketika Ia hidup didunia, dan devosi Jalan Salib dilakukan untuk mengingatkan kita pada peristiwa tersebut.

Baca Juga   BERITA YANG  TELAH KITA DENGAR DARI MULANYA BAHWA KITA SALING  MENGASIHI

Ucapan Syukur atas ulang tahun beberapa orang anggota lansia

Dari sudut pandang teologis, tempat peziarahan menjadi sebuah perhentian bagi umat Allah, yang adalah peziarah di dunia ini. Setelah berhenti, beristirahat, merenung dan menimba kekuatan, para peziarah diharapkan mampu melanjutkan perjalanan dengan lebih serius dan lebih berdedikasi menujug kota abadi. Demikianlah penulis surat kepada umat Ibrani menyatakan, “Sebab di sini kita tidak mempunyai tempat tinggal yang tetap; kita mencari kota yang akan datang.” (Ibr 13:14)

 

Diatas Bis dalam perjalanan pulang ke gereja Servatius Kampung sawah Bekaasi

Usai   Jalan Salib  dilanjutkan dengan makan siang dan Ucapan syukur bagi anggota lansiayang berulang Tahun di bulan Desember tahun 2023, dan Januari 2024.( Ringo)

Share :

Baca Juga

Metropolitan

SEKOLAH SADAR SAMPAH

Metropolitan

Empat  Event Penting Dalam Waktu Yang Hampir Bersamaan

Metropolitan

Agus Flores : Para Kapolres Bukan TUHAN, Bisa Bersihkan Judi Semua

Metropolitan

Film Budi Pekerti dan Pengaruh negative & Positif media Sosial  Bagi Pelajar

Metropolitan

” Yesus Kristus Lahir Di Dunia,” Perayaan Akbar Natal Tiberias Diadakan di Stadion Gelora Bung Karno.

Metropolitan

Mengawali tahun 2024  PT Aditya Aryaprawira adakan Donor Darah

Metropolitan

Persekutuan Doa Oikumene Adriella dan DWP Gelar Perayaan Natal dan Tahun Baru 2024

Metropolitan

Ketua PERMINDO Joel Sinaga Meminta Menghormati Hasil PILPRES 2024 Sebagai Pilihan Yang Telah Diambil Oleh Rakyat

Contact Us