Home / Daerah

Selasa, 18 Juli 2023 - 21:11 WIB

KABUPATEN HUMBAHAS JUARA III KATEGORI PEMANDU PAVILIUM TERBAIK.

 

Humbahas,Liputannusantara.id-Wakil Bupati Humbahas Dr.Oloan Paniaran Nababan SH MH hadiri penutupan PRSU (Pekan Raya Sumatera Utara) ke-49 tahun 2023 di Jalan Gatot Subroto Medan. PRSU yang dimulai sejak 16 Juni-17 Juli 2023 ini ditutup secara resmi dengan penekanan tombol sirine oleh Sekdaprov Sumut Arief S Trinugroho. Senin (17/7/2023) malam.

Arief mengatakan untuk terus menghidupkan area PRSU, Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sumatera Utara (Sumut) berencana akan terus membuat kegiatan sepanjang tahun. “Ke depan kami bertekad menjadikan areal PRSU menjadi tempat berbagai event. Sepanjang tahun. Oleh karenanya seluruh Pemkab/Pemko diharapkan sungguh-sungguh mendayagunakan PRSU sehingga nantinya dapat menjadi miniatur Sumut,” kata Arief.

Selama PRSU dibuka, berbagai kegiatan digelar, mulai dari bazar UMKM, job fair, pameran BUMD, BUMN dan lainnya. Arief pun berjanji akan membenahi fasilitas PRSU agar terus lebih baik lagi. PRSU tahun ini disambut baik masyarakat. Hal itu disebabkan karena kerinduan masyarakat pada PRSU, setelah tidak hadir selama tiga tahun. Ia pun mengapresiasi sinergi yang dilakukan oleh setiap pihak, mulai dari Forkopimda Sumut, Pemkab/Pemko, pelaku usaha hingga sponsor.

Baca Juga  Bupati Samosir Hadiri Pembukaan KFC Danau Toba Rally 2023.

“Inilah kolaborasi pegiat UMKM dan seni budaya, diharapkan dapat menggeliatkan perekonomian Sumut, melalui pesta rakyat ini kita bertekad bergandengan tangan berkolaborasi membangun Sumut,” kata Arief.

Direktur Utama (Dirut) PT Pembangunan Prasarana Sumatera Utara (PPSU) Refli Yuner mengharapkan, paviliun kabupaten/kota untuk bisa dibuka setiap hari. Menurutnya paviliun kabupaten/kota yang berada di area PRSU terus hidup dan berkelanjutan. Untuk itu, Ia mengajak Pemkab/Pemko untuk membahas hal tersebut lebih lanjut.

Selain itu, Refli juga menyampaikan ada berbagai kegiatan yang sudah dilaksanakan. Mulai dari PRSU Idol, lomba mewarnai, fashion show, job fair, sunatan massal, pagelaran budaya, pameran UMKM, seminar, penampilan 16 artis nasional dan lainnya. “PRSU terlaksana dengan baik, semarak dan kondusif,” kata Refli.

 

Dalam penutupan itu, Sekdaprov Sumut memberikan sertifikat kepada kabupaten/kota di Sumut yang telah ikut berpartisipasi dalam pelaksanaan PRSU ke-49. Selain sertifikat sebagai partisipasi dalam acara PRSU ke-49 tahun 2023, Kabupaten Humbahas menerima sertifikat juara III kategori pemandu pavilium terbaik. Sertifikat itu diterima Wakil Bupati Humbahas Dr Oloan Paniaran Nababan.

Baca Juga  Rapat Konsilidasi DPD Gapura Ganjar Prov.Jawa Tengah

Sebelum mengikuti penutupan PRSU, Wakil Bupati Humbahas mengunjungi pavilium Pemkab Humbahas. Ada yang berbeda dari Paviliun milik Kabupaten Humbang Hasundutan nuansa Batik Humbang yang dipajang mendominasi lantai bawah terasa nyaman. Batik yang sudah sering ditampilkan ketika ‘fashion show’ beberapa kali dipinggiran Danau Toba menjadi perhatian para pengunjung. Selain Batik Humbang, pavilium milik Kabupaten Humbahas menampilkan berwarna-warni hasil bumi seperti bawang merah, cabe merah, tomat, salak, jeruk, tiung, kopi Arabica, kubis, kentang, wortel, ubi jalar, nenas, alpokat, kemenyan dan lainnya. Yang paling menarik ada stik jagung dan andaliman siap saji. Bumbu andaliman siap saji itu hasil karya UKM Basana Putra dari Kecamatan Pollung.

 

(TONNY.S)

Share :

Baca Juga

Daerah

BUPATI SAMOSIR BERSAMA ANGGOTA DPR RI EFFENDI MS. SIMBOLON HADIRI PERESMIAN TUGU LIMBONG MULANA.

Daerah

Pemkab Humbahas Terima 24 Sertipikat Tanah Aset dan 1 Sertipikat Tanah Rumah Ibadah.

Daerah

Bupati Humbahas Letakkan Batu Pertama Pembangunan GBI Jalan Merdeka Doloksanggul.

Daerah

Pemerintah Kabupaten Samosir Menggelar Perlombaan Pekan Kebudayaan Daerah.

Daerah

Upacara Peringatan HUT Kemerdekaan RI Ke- 78 Tahun 2023 di Humbahas Penuh Semangat.

Daerah

DALAM RANGKA HUT KE-20 KABUPATEN HUMBAHAS, PARADE MARCHING BAND MENGITARI KOTA DOLOKSANGGUL.

Daerah

PEMKAB HUMBAHAS TERIMA PENGHARGAAN DARI BPK RI 7 KALI BERTURUT-TURUT ATAS WTP.

Daerah

Pj. SEKDA BUKA LOKAKARYA PENYUSUNAN ARSITEKTUR DAN PETA RENCANA SPBE.

Contact Us