Home / Daerah / Ekonomi

Jumat, 29 Desember 2023 - 15:48 WIB

Dinas Perikanan Kabupaten Tulungagung Galakan Makan Ikan Melalui Program Keris

Tulungagung,Liputannusantara.id – Kota marmer Tulungagung sebagai sentra budidaya ikan air tawar untuk konsumsi seperti gurami, lele, patin, nila, maupun gabus mengalami peningkatan pesat dalam hasil produksinya.
Salah satu hasil produksinya adalah ikan patin dengan kualitas sangat baik dari segi daging yang tidak berbau tanah dan berwarna putih.

Keberhasilan tersebut tidak lepas dari peran Pemerintah Pusat terutama Kementrian Kelautan dan Perikanan yang telah memberikan dukungan melalui berbagai program di tahun 2023 sampai 2 tahun ke depan.

Program yang sedang dijalankan adalah Smart Fisheries Village atau Desa Perikanan Cerdas dan sebagai desa percontohannya yaitu di desa Kendalbulur Kecamatan Boyolangu.
Kepala Dinas Perikanan, Lugu Tri Handoko menjelaskan tentang program yang sedang dijalankan ketika ditemui di ruang kerjanya (27/12/2023).

“Melalui program SFV yang sedang dijalankan di desa Kendalbulur sebagai desa percontohan telah lahir benih ikan patin, dengan keberhasilan ini diharapkan menjadi momentum tumbuhnya Usaha Pembenihan Rakyat (UPR) khususnya benih ikan patin sehingga kebutuhan akan benih di Kabupaten Tulungagung bisa terpenuhi dan kedepannya juga bisa digunakan untuk memenuhi kebutuhan di luar Kabupaten Tulungagung” jelas Kepala Dinas Perikanan.

Baca Juga  Umumkan Hasil Seleksi Bintara Rekpro T.A. 2023, Polda Banten Gelar Sidang Akhir Secara Terbuka

Lebih lanjut beliau juga mengharapkan program SFV nantinya akan membuat desa menjadi mandiri dari hulu sampai hilir.
“akan terbukanya banyak lapangan pekerjaan bagi masyarakat khususnya di bidang perikanan yang bisa berdampak pada peningkatan kesejahteraan”. lanjut Lugu Tri Handoko.

Baca Juga  40.000 ORANG MENYAKSIKAN AKSI 22 PEMBALAP AQUABIKE JETSKY, DI WATERFRONT CITY PANGURURAN, SAMOSIR.

Selain program tersebut, Dinas Perikanan Kabupaten Tulungagung juga menyelenggarakan KERIS atau Komunikasi,Edukasi,Rekreasi,Informasi dan Sosialisasi.
“Kegiatan KERIS merupakan suatu kegiatan dalam rangka pelayanan publik kepada masyarakat khususnya anak usia dini seperti PAUD,TK,dan SD (kelas 1,2,3) agar nantinya anak-anak bisa lebih mengenal bagaimana kehidupan ikan, berperilaku aman disekitar perairan, manfaat makan ikan bagi kesehatan sehingga bisa tercipta generasi muda yang sehat, kuat dan cerdas” pungkas Lugu Tri Handoko

. (lg.tla)

Share :

Baca Juga

Daerah

Kapolres Lebak Hadiri Apel Gelar Pasukan Kesiapan Pengamanan Pemilu 2024 di Kodim 0603 Lebak

Daerah

Diskusi Kebangsaan Tentang Sejarah Pejuang Sulawesi Utara, Mayjen TNI Rano Tilaar Beri Pesan Untuk Kaum Anak Muda

Daerah

Apresiasi Polres Jember Tangani Narkoba, Bupati Hendy Siapkan Fasilitas Rehabilitasi di KTAN

Daerah

Kapolri Beri Penghargaan Pin Emas Kepada Prajurit TNI dan Anggota Polri yang tergabung dalam Satgas Operasi Damai Cartenz 2023

Bisnis

Produk Unggulan UMKM Hadir di Aquabike Jetski World Championship 2023.

Daerah

GERAKAN SAMOSIR BEBAS SAMPAH, PEMKAB SAMOSIR LAUNCHING GERAY KEPUL.

Daerah

Bupati Humbahas Ucapkan Terima Kasih Kepada Lions Clubs  International di Wisata Sipinsur

Daerah

Wakil Bupati Samosir Buka Forum Konsultasi Publik Ranwal RKPD Kabupaten Samosir Tahun 2025.

Contact Us