Home / Daerah / Fintech / Medan

Sabtu, 6 Juli 2024 - 03:06 WIB

Bupati Humbahas Dosmar Banjarnahor SE Hadiri Pagelaran KKSU 2024 di Medan.

Humbahas,Liputannusantara.id-Bupati Humbahas Dosmar Banjarnahor SE bersama Kepala Bappedalitbangda Pahala Lumbangaol dan Kadis PMP2TSP Rudolf Manalu ikut menghadiri Pagelaran Karya Kreatif Sumatera Utara (KKSU) 2024 dalam rangka Gerakan Nasional “Bangga Buatan Indonesia dan Bangga Berwisata di Indonesia” yang dilaksanakan di Istana Maimun, Rabu (3/7/2024).

Penjabat (Pj) Gubernur Sumut Agus Fatoni dalam kegiatan itu mengajak masyarakat, khususnya Sumatera Utara untuk menggunakan produk lokal guna mendorong pertumbuhan ekonomi daerah. “Saya sangat senang dengan kegiatan-kegiatan yang dapat mendorong aktivitas ekonomi masyarakat, khususnya UMKM untuk mewujudkan kesejahteraan masyarakat secara luas. Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sumatera Utara menyambut baik berbagai inisiatif untuk percepatan pengembangan UMKM dan pariwisata dalam rangka mendorong pertumbuhan ekonomi Sumut,” kata Fatoni.

Menurutnya, melalui gerakan Nasional “Bangga Buatan Indonesia dan Bangga Berwisata di Indonesia” 2024 dapat mendorong semangat para pelaku UMKM untuk terus berkembang dan berinovasi. Saat ini, jumlah UMKM di Sumut tercatat sebanyak 1,16 juta yang mampu menyerap 80% tenaga kerja. Dari jumlah tersebut sebanyak 98,9% merupakan usaha mikro dan kecil, sedangkan usaha menengah dan besar hanya sebanyak 1,1%.

Melalui pagelaran KKSU ini, Gubsu Fatoni mengimbau para pelaku UMKM untuk dapat melakukan transformasi dan inovasi usaha. Salah satu caranya dengan memanfaatkan media sosial, e-Commerce dan website sebagai sarana utama pemasaran dikarenakan sejalan dengan adaptasi kehidupan normal yang baru.

Baca Juga  Polsek Batu Ampar Berhasil Ungkap Pelaku Pengedaran Uang Palsu

Selanjutnya menguatkan sinergi dan kolaborasi antar-pelaku dan pendukung UMKM dalam berbagai bentuk dari proses produksi, permodalan, maupun pemasaran. Fatoni juga menyarankan pelaku UMKM agar mengoptimalkan transaksi penjualan menggunakan alternatif sistem pembayaran tanpa sentuhan dengan menggunakan Quick Response Indonesian Standard (QRIS).

“Kami dari Pemerintah Provinsi Sumatera Utara, melalui Dinas Koperasi dan UKM tahun 2024 ini juga mengadakan berbagai kegiatan yang dapat meningkatkan kewirausahaan dan juga peningkatan daya saing UKM melalui kegiatan, seperti berbagai pelaksanaan inkubator bisnis, fasilitasi pameran dan galeri produk UMKM, pelatihan peningkatan produk UMKM dan branding produk, yang akan memberikan dampak yang lebih signifikan bagi perkembangan seluruh UMKM di Sumut,” jelas Fatoni.

Dalam kesempatan yang sama, Deputi Gubernur Bank Indonesia Juda Agung mengatakan kegiatan ini merupakan wujud komitmen memperkuat ekonomi dan investasi di daerah melalui kegiatan UMKM dan bisnis, serta promosi proyek investasi strategis di Sumut.

Pelaksanaan gerakan nasional ini merupakan momentum untuk memperkuat UMKM dan mengubah pola pikir masyarakat untuk cinta dan bangga akan produk Indonesia. Menurutnya, mencintai produk Indonesia saja tidaklah cukup, maka itu diperlukan langkah-langkah strategis dalam menghadapi persaingan produk UMKM yang semakin ketat, salah satu caranya seperti menggunakan produk lokal buatan UMKM.

Baca Juga  Guntur Huta Barat:Ketua DPD lSM Garuda Nasional Copot Kepsek SMKN 09 Kota Tangerang,Diduga PBDB Dijadikan Lahan Bisnis

Upaya lainnya adalah terus berinovasi dengan mengikuti selera yang terus berkembang. Kemudian dengan menonjolkan kualitas dan keunikan dari produk UMKM.

“Produk yang dihasilkan tidak hanya memenuhi kualitas standar, tapi kualitas cerita, bahwa makanan ini adalah organik, bahwa tenun ini adalah ramah lingkungan, bahwa kerajinan ini mempunyai nilai heritage yang harus dijaga. Pelaku UMKM menyumbang sebagian besar lapangan kerja di Indonesia, serta menjadi motor penggerak bagi ekonomi daerah dan penyangga ketahanan ekonomi nasional,” ucap Juda.

Sebagaimana diketahui, Gerakan Nasional ini merupakan rangkaian pagelaran Karya Kreatif Sumatera Utara (KKSU) 2024 dengan Bank Indonesia (BI) sebagai campaign manager yang berkolaborasi dengan Pemerintah Provinsi Sumatera Utara (Pemprov Sumut). Kegiatan ini menggandeng berbagai stakeholder seperti kementerian, perbankan, penyelenggara jasa sistem pembayaran (non bank), top brands, Dekranasda, dinas dan asosiasi terkait.

Turut hadir pada pagelaran KKSU, di antaranya Deputi Bidang Koordinasi Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Odo RM Manuhutu, Kepala Perwakilan Bank Indonesia (BI) Sumut IGP Wira Kusuma, Forkopimda Sumut, sejumlah konsulat negara sahabat dan konsulat kehormatan, akademisi, pelaku UMKM dan stakeholder lainnya termasuk para Kepala Daerah.

TONNY.S

Share :

Baca Juga

Daerah

Pemkab Humbahas Terima Penghargan Anugerah Adipura; Kategori Kota Kecil.

Daerah

Setelah Melalui Beberapa Tahap, Seribu Goa dari Humbahas Peringkat III NSI.

Daerah

Kabupaten Bekasi Rayakan Hari Jadi ke-74 dengan Lomba Kampung Bersih yang Semakin Berani!

Banten

Jum’at Keliling, Kapolres Metro Tangerang Kota Beri Pesan Kamtibmas dan Meminta Dukungan Jelang Hari Bhayangkara ke-78

Banten

Hari Kedua Ops Patuh Maung 2024,Ditlantas Polda Banten Lakukan Teguran dan Himbauan

Daerah

Wakil Bupati Humbahas Dr Oloan Paniaran Nababan Hadiri Pengukuhan Siswa Angkatan XIII SMAN 2 Lintongnihuta.

Daerah

Mantan Walikota dan Mantan Wakil Walikota Tangerang Kirim Kambing Korban Ke Organisasi Wartawan

Daerah

Kapolresta Barelang Terima Penghargaan dari Kedutaan Besar Jepang Atas Penangkapan WN Jepang Jepang a.n. Yusuke Yamazaki Sesuai Blue Notice Interpol

Contact Us