Home / Daerah

Rabu, 14 Juni 2023 - 15:26 WIB

Bunda PAUD Lepas Anak PAUD Se-Kecamatan Doloksanggul.

 

 

Humbahas,Liputannusantara.id-Bunda PAUD (Pendidikan Anak Usia Dini) Kabupaten Humbahas Ny Lidia Dosmar Banjarnahor lepas anak-anak PAUD se-Kecamatan Doloksanggul Huta Mas. Dalam acara pelepasan dilakukan kegiatan gasing anak PAUD dalam rangka mensukseskan gerakan transisi PAUD ke SD (Sekolah Dasar) yang menyenangkan bertempat di aula huta mas, Rabu (14/6/2023).

“Ny Lidia Dosmar Banjarnahor menjelaskan mensukseskan gerakan transisi itu, dengan melaksanakan tiga target gerakan perubahan. Pertama, satuan pendidikan hilangkan tes calistung (baca tulis hitung) saat proses penerimaan peserta didik baru SD. Kedua, menerapkan masa perkenalan bagi peserta didik baru selama dua minggu pertama (di PAUD dan SD) dan ketiga, menerapkan pembelajaran yang membangun 6 kemampuan fondasi anak baik di PAUD dan SD.

Baca Juga  Bupati Taput Hadiri Ibadah Perayaan Pentakosta Gepkin Wilayah Tapanuli 1.

 

Transisi PAUD ke SD merupakan program yang berisi proses untuk mendukung kesiapan belajar bagi anak usia dini yang akan memasuki jenjang SD. Proses ini juga dapat mempengaruhi keberhasilan anak dalam melakukan penyesuaian di jenjang pendidikan dasar. Peran serta semua pihak, khususnya Kepala Sekolah SD, guru dan penyelenggara PAUD diharapkan sudah mengetahui dan berperan aktif dalam mensukseskan gerakan transisi PAUD menuju Sekolah Dasar.

Ketua TP PKK Humbahas menjelaskan lagi bahwa satuan pendidikan perlu menerapkan pembelajaran dan membangun enam kemampuan fondasi anak yaitu mengenal nilai agama dan budi pekerti. Keterampilan sosial dan bahasa untuk berinteraksi. Kematangan emosi untuk berkegiatan di lingkungan belajar. Kematangan kognitif untuk melakukan kegiatan belajar, seperti kepemilikan dasar literasi, numerasi. Pengembangan keterampilan motorik dan perawatan diri untuk berpartisipasi di lingkungan belajar secara mandiri termasuk pemaknaan terhadap belajar yang positif. Dalam acara itu, beragam kegiatan dan penampilan termasuk tarik suara dari anak-anak PAUD, sehingga suasana pelepasan itu meriah dan menyenangkan.

Baca Juga  Polres Humbahas Kembali Amankan 5 Laki-laki Penyalahguna Nakroba

 

(TONNY.S)

Share :

Baca Juga

Daerah

SMPN 1 Bandung Tulungagung Gelar Purnawiyata Angkatan 2022/2023

Daerah

Tingkat Profesionalisme, Ditresnarkoba Polda Kepri Gelar Pelatihan Fungsi Teknis Narkoba

Daerah

Dinas Pendidikan Kabupaten Samosir gelar Lomba Seni Siswa Nasional(FLS2N)Untuk Meningkatkan Mutu Keterampilan Siswa Ditingkat Sekolah Dasar

Daerah

Sat Resnarkoba Polresta Barelang Berhasil Ungkap Tindak Pidana Narkotika Jenis Sabu Seberat 19,896 KG

Daerah

MENYAMBUT HARI RAYA IDUL ADHA 1444 H, QURBAN DIPERSIAPKAN DAN AKAN DIBAGIKAN UNTUK 800 KK DI KABUPATEN SAMOSIR.

Daerah

Wakil Bupati Humbahas Sampaikan Nota Jawaban Pandangan Umum Fraksi DPRD Terhadap Ranperda.

Daerah

Disdikpora Kabupaten Samosir gelar lomba Senibudaya batak ditingkat SD se-kecamatan Nainggolan.

Daerah

Tangeran Jadi Hutan Tower, Bupati Diminta Tegas Untuk mengambil sikap.

Contact Us