Home / Metropolitan

Selasa, 23 Januari 2024 - 07:51 WIB

Alangkah Baik dan Alangkah Indahnya apabila Duduk Bersama.

Pdt.Marnaek Situmorang sedang berkotbah dalam kebaktian pesta Bonataon Siringoringo Guru Bandailing boru,bere Sejabodetabek Minggu 21 Januari 2024 di Gedung Sejahtera Jakareta Timur.

Jakarta, Januari, Liputan Nusantara(LN), Judul diatas merupakan sepenggal Kotbah Pdt. Marnaek Situmorang dalam acara Bonataon( Ucapan syukur awal 2024), Komunitas keluarga Besar Pomparan (Keturunan Ompu  Guru Badailing Hatogan Pulau Samosir,Siringoringo,Boru,Bere)Sejabodetabek, Mingu 21 Januari di Gedung pertemuan Sejahtera, Jakarta Timur .yang bertema:”Dos Tahi/Roha”( Sepakat, Sepikir) Diambil dari  Matius 8:19-20 dengan Sub Tema : Molo dos roha Mangido tu Tuhan , Godang ma Pasu pasu-NA Gabe manghorhon las ni roha.artinya, Jika sepakat meminta Apapun permintaanmu akan dikabulkan oleh bapakku yang di surga.

Sari Siringoringo , SH ketua Punguan Pom paran Guru Bandailing Sejabodwtabek

Penulis merupakan salah seorang angota Komunitas Keturunann Guru Bandailing Siringoringo,boru,bere Sejabodetabek yang kebetulan menjadi Kabiro Liputan Nusantara DKI Jakarta,mempunyai kewajiban moral untuk mempublIkasikan   acara Bonataon ini.

Harrison siringoringo ketua Panitia

Lebih lanjut, Pendeta Situmorang yang menjadi Pendeta Resort HKBP Jati Asih ini, mengatakan Semua kita menginginkan hidup rukun,  rukun bertetangga, rukun bersaudara, rukun dalam rumah tangga, dan itu juga doa daripada Daud dalam Mazmur 133 yang berkata “Sungguh Alangkah baik dan Alangkah indahnya apabila bersaudara duduk bersama:” ujar Pdt.Situmorang. Perlunya hidup rukun hidup bersama. Kenapa? tanya dia. Dan dijawab sendiri  dalam ayat 20 Matius 18 dikatakan lanjut Pdt.Situmorang,di mana dua atau tiga orang berkumpul dalam namaku di situ aku, kemudian dikatakan jika dua dari padamu sepakat meminta Apapun permintaanmu akan dikabulkan oleh bapaku yang di surga. Di dalam Bona taon 2024 ini, apabila keluarga Pomparan Op. Gr Bandailing Siringoringo Boru Bere bersatu, sambung  pdt Marnaek lagi  sepakat, pasti diberkati Tuhan amin. Sepakat artinya sehati sepikir bersatu bersama ujarnya.

Salah seorang penasehat Punguan Drs. B.Siringoringo ( OP.Andreas) menyampaikan sambutan dan ucapan Tahun baru

Contoh keluarga yang sepakat dalam Alkitab kata Pdt.Marnaek Situmorang, yaitu keluarga Nuh,  mereka sehati sepikir mereka keluarga yang bersama takut akan Tuhan, mereka keluarga yang memuji Tuhan yang berdoa bersama di dalam rumah mereka sehingga keluarga tersebut selamat dari air bah. Saudara yang dikasihi Tuhan mereka satu keluargadelapan  orang dalam bahtera, tiga menantunya,satu mertua satu   bapak, tapi mereka bisa berjalan bersama.  mereka sampai tujuan selamat diberkati Tuhan. Kenapa mereka bisa rukun? mereka bisa rukun karena mereka tidak saling menjelek-jelekkan tidak ada kata :  “lain di bibir lain di hati”. Ada orang berjumpa dipuji-puji tetapi di belakang ditusuk. Nah saudara rugi kalau kita bermusuhan contoh kalau suami istri bermusuhan pasti akan rugi makan, makan sendiri dan seterusnya. Jika hula hula datang, terjadi sandiwara dan seterusnya. Ilustrasi mobil kaca reben sama-sama sebetulnya bisa bersama dalam satu mobil tetapi karena satu ada di dalam mobil tersebut yang bermusuhan jadi tidak ikut sehingga rugi sekali. Maka orang yang sepakat yang sangat berpikir harus saling menolong saling melengkapi saling membantu ucapnya menghimbau/menasehati.

Baca Juga  Mengawali tahun 2024  PT Aditya Aryaprawira adakan Donor Darah

Buah kasih dari pewakilan Raja Rea sebagai bentuk apresiasi atas undangan Guru Bandailing diberikan melalui ketua Panitia bonataon

Diakhir kotbahnya Pdt Marnaek Situmorang  menyampaikan perumpamaan sekaligus Nasehat: 1) Aek godang tu aek laut dos ni roha sibahen na saut. 2) .  Tampakna do tajom na rim ni tahi do gogo na.3) .  Balintang ma pagabe tumandangkon sitadoan arinta do gabe molo mar si pa olo- oloan

Marilah hidup sepakat pasti Tuhan memberkati tutup Pdt.Marnaek Situmorang.

Penyerahan sertifikat dan hadiah kepada anak- anak yang berprestasi disekolahSD,SMP,SMA

Usai Kebatian dilanjutkan dengan Sambutan-sambutan,

Pertama disampaikan oleh ketua Panitia Diky Siringoringo, menyamiakan Ucapan terimakasih,  kpd Pdt,Situmorang yang menyampakan kotbah yang menyentuh hati para peserta,   Demikian juga ucapan Terimakasih kepada undangan dari Oppu Rajarea, Pagar Bosi,dan oppu Pansa ni Ujung yang berkenan hadir dalam pesta BonaTaon  Pomparan  Guru Bandailing dari Hatoguan Samosir se Jabodetabek, tak lupa juga Terimakasih kepada seluruh Panitia yang telah bekerja keras, hingga terlaksana peta Bonataon ini dengan baik.tak lupa juga partisipasi anggota yang memberikan yuran.

Perwakilan Raja Rea mengapresiasi undangan Pantia Bonataon Guru Bandailing melalui sepatah Dua patah kata.

Acara manortor dan berjoget bersukaria sebagai bentuk Ucapan Syukur kepada Tuhan

Disusul sAcara manortor dan berjoget bersukaria sebagai bentuk Ucapan Syukur kepada Tuhanambutan ketua Pengurus Komunitas pomparan Guru Bandailing Siringoringo,aboru,bere Sejabodetabek.Sari Siringoringo, yang jugamenempaikan Terimakasih kepada amang Pendeta Marnaek Situmorang yang memberitakan Firman Tuhan dalam Kebaktrian Pesta Bona taon Siringoringo, dan terima kasih kepada seluruh Panitia yang bekerja semaksimal mungkin sehingga Bona taon ini bisa terlaksana dngan baik.demikian juga kepada seluruh anggota yang ikut serta berpartisi pasi  baik secara morilmaupun materiel. Tak lupa mengucapkan Terimakasih kehadiran  perwakilan dari Oppu Pagar Bosi dan Oppu Datu Pansa ni Ujung  dan marhite Lombu  yang satu ikatan dari Raja Rea sebagai indukketiga Komunitas diatas tadi. Menurut dia. Ada satu konsep bahwa kedepan  kita akan ikut ambil bagian dalam kegiatan-kegiatan sosial  seperti,dalam duka maupun suka dan kegiatan social lainnya.  Ari Siringoringo, yang menjadi lowyer ini, menceriterakan bahwa Kebiasaan Pomparan Guru Bandailing Siringoringo, Boru,Bere  Seluruh Indonesia   seakali 5tahun, sejak tahun 1980 mengadakan reuni bertemu di Bonapasogit(kampong Halaman di Monumen Ompu Guru Bandailing di Desa Hatoguan Samosir,Kabupaten Samosir Sumatera Utara. Namun sejak terjadi Pandemi Covid -19 dan karena sesuatu dan lain hal Reuni trsebut, dipending untuk sementara,tetapi  kedepannya tetap akan dilaksanakan,  setelah waktu   dan situasi kondisi memungkinkan.

Baca Juga  Apa arti dan Makna Hari Raya  Imlek ?

Usai Acara Bonataon, peserta foto bersama sebagian sudah ada yang pulang

Mewakli Penasehat komunitas. Drs.B.Siringoringo, menyayampaikan terimakasih juga kepada Pendeta serta yang mewakili oppu Pagar Bosi dan Datu Pansa ni Ujung Serta Marhite Lombu  yang menjadi bagian dari Raja Rea ( Menurut Silsilah). Untuk pertama kali  dalam pesta Bonataon Pomparan Guru Bandailing, mengundang  ketiga rumpun tersebut( Pagar Bosi, Marhite Lombu da Pansa ni ujung) yang merupakan saudara  dari Opu RajaRea.Hal ini akan kita budayakan ujar Budiman Siringoringo panggilan akrabnya   Opmu Andreas .ketiga perwakilan tersebutpun sangat mengapresiasi   program Oppu Guru Bandaiing  kedepannya.Dan Merekapun meresponnya dengan memberikan buah kasih yang diterimaoleh Ketua Panitia.

 

 

Sebagai ucapan syukur  dan Sukacita mengawali tahun 2024, Seluruh anggota,panitia, pengurus dan anak-anak mengikuti acara bebas dengan manortor dan berjoget ria yang sebelumnya telah memberikan hasdiah berupa uang dan bingkisan kepada anak-anak  SD,SMP, SMP Dan Perguruan tinggi  yang berpretasi dengan syarat meraka yang mendapat nilai 85 keatas, untuk mengedukasi dan memotivasi anak  agar semangat belajarnya semakin,tinggi Bahkan salah seorang dari Penasehat Alfiker Siringoringo SE,M.Ec ( A.Azefanya) mengatakan : tahun depan siapa yang mendapat nilai rata-rata diatas 90 dan yang bisa masukPerguruan Tinggi Negeri akan diberikan hadiah spesial (Ring-o) (Ring-o)

Share :

Baca Juga

Metropolitan

Sosialisasi Popinsi Tapanuli (Protap)  oleh PPPT & Pemda Yang Diperpanjang Masa Tugasnya

Metropolitan

Bali Akan Menjadi Pilihan Destinasi Pelayanan KRIS

Metropolitan

Dua Orang Meninggal di DKI Karena Covid-19

Metropolitan

Agus Flores : Para Kapolres Bukan TUHAN, Bisa Bersihkan Judi Semua

Metropolitan

Empat  Event Penting Dalam Waktu Yang Hampir Bersamaan

Metropolitan

Persekutuan Doa Oikumene Adriella dan DWP Gelar Perayaan Natal dan Tahun Baru 2024

Metropolitan

Apa arti dan Makna Hari Raya  Imlek ?

Metropolitan

 BERITA YANG  TELAH KITA DENGAR DARI MULANYA BAHWA KITA SALING  MENGASIHI

Contact Us