Home / Daerah

Kamis, 23 November 2023 - 11:36 WIB

80 Stan UMKM Ramaikan Aquabike Jetski Danau Toba 2023.

Balige,liputannusantara.id-80 Stan UMKM Ramaikan Aquabike Jetski Danau Toba 2023.Balige, Media Center Sebanyak 80 stan usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) di Kabupaten Toba, Provinsi Sumatra Utara (Sumut), siap meramaikan gelaran Aquabike Jetski World Championship pada 22-26 November 2023, khususnya di kawasan Pelabuhan Balige, Danau Toba.
“Ada sekitar 80 booth (stan), tapi itu tidak semua satu booth satu UMKM (karena tempatnya terbatas). Ada yang display barang-barang souvenir, produk unggulan kita (seperti) kopi, ada barang-barangnya kita display, ujar Kepala Dinas Koperasi dan Usaha Kecil Menengah, Perdagangan dan Perindustrian (Kadis KUKMPP) Kabupaten Toba, Sumut, Salomo Herbert Kasrianto Simanjuntak, Rabu (22/11/2023).
Salomo mengatakan, pada event Aquabike Jetski World Championship, ruang yang disiapkan panitia untuk UMKM di Pantai Balige terbatas karena harus berbagi dengan tenda panggung penonton dan areal paddock tim.
Untuk itu, Pemkab Toba menempatkan sebagian UMKM di luar venue dan juga rumah-rumah penduduk sekitar, yang juga membuka lapak dagangan.
Kalau di sisi kanan venue ada tempat (usaha) Masyarakat. UMKM itu sudah mempersiapkan di rumah masing-masing, di tenda-tenda biasa dan tenda-tenda darurat di sekitar venue, katanya.
Pihaknya pun menyarankan agar UMKM makanan dan minuman menyiapkan makanan siap saji atau siap santap.
Saran itu didasarkan atas pengalaman penyelenggaraan event F1 H2O Powerboat pada 24-25 Februari 2023 lalu di lokasi yang sama.
Kami sarankan makanan yang disajikan (UMKM) siap santap. Karena tidak semua penonton punya tempat duduk, kalau (panitia menyiapkan) ada tempat duduk semuanya, akan memakan space yang sangat luas, tuturnya.
Menurut Salomo, sosialisasi mengenai event Aquabike Jetski itu sudah dilakukan Pemkab Tiba sejak satu bulan lalu. Hal tersebut agar pelaku UMKM lokal mempersiapkan segala sesuatunya lebih baik.
Sosialisasi sejak hampir satu bulan lalu kita laksanakan, termasuk juga di daerah objek wisata yang lain karena event-nya disini hanya dua hari dan kalau yang datang sebelumnya kan ingin melihat objek wisata yang lain, tandas Salomo Simanjuntak.
Aquabike Jetski World Championship 2023 di Danau Toba digelar di empat kabupaten sekaligus yaitu Toba, Karo, Dairi, dan Samosir pada 22-26 November 2023.
Aquabike Jetski World Championship 2023 dimulai dengan nomor ketahanan lebih dulu pada 22 November 2023 di Kabupaten Karo yang bertajuk Karo Cup yang diikuti oleh 41 rider. Kemudian, Dairi Cup yang digelar di Kabupaten Dairi dan berlangsung sehari setelahnya. Kemudian nomor ini akan ditutup dengan Samosir Cup pada 24 November 2023 di Kabupaten Samosir. Secara total para pembalap akan melewati rute sejauh 188 km di nomor ini.
Setelah itu, Grand Prix (GP) Danau Toba 2023 akan memainkan nomor sirkuit di Kota Balige, Kabupaten Toba pada 25-26 November yang diikuti oleh 77 rider. Dalam nomor ini, ada lima kategori yang dipertandingkan yakni Ski GP1, Runabout GP1, Ski Ladies GP1, Freestyle, dan Parallel Slalom. (Wahyu/US)

Share :

Baca Juga

Daerah

Diskusi Kebangsaan Tentang Sejarah Pejuang Sulawesi Utara, Mayjen TNI Rano Tilaar Beri Pesan Untuk Kaum Anak Muda

Bisnis

Pemerintah Komitmen Wujudkan Danau Toba sebagai Bali Baru

Daerah

Terjadinya Kerusuhan Di PPK Kundur Barat, Saksi Dari PDI-P Datang Menghadap Ketua Bawaslu Dan Ketua KPUD Karimun

Daerah

Aquabike Jetski World Championship Momentum Pengembangan Sport Tourism Dairi

Daerah

Kapolsek Nongsa Terima Penghargaan Polsek Terbaik Periode November 2023

Daerah

Hari Pers Nasional Bersama Pemkab DiHumbahas; Dinas Kominfo.

Daerah

Untuk Pengelolaan APBDes 2024,Kepala Desa Harus Bijak Menentukan Mana Yang Terpenting.

Daerah

Bupati Humbahas Ikuti Rapat Koordinasi Pengawasan dan Pengendalian Tahun 2024

Contact Us